SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN DI SMU DENGAN LOGIKA FUZZY

Hafsah Hafsah, Heru Cahya Rustamaji, Yulia Inayati

Abstract


Salah satu peran SPK dibidang pendidikan yaitu pada proses pengambilan keputusan untuk pemilihan jurusan siswa di SMU, yang sifatnya dapat membantu pengambil keputusan dalam memberikan alternatif–alternatif putusan jurusan yang tepat bagi siswa, dimana hasil keputusan dapat dijadikan sebagai bahan untuk membantu guru dalam mengambil keputusan.

Untuk mendukung hal tersebut diatas maka diperlukan suatu sistem pendukung keputusan yang mampu memberikan dukungan terhadap proses penentuan jurusan yang tepat untuk siswa di SMU. Proses penentuan jurusan ini dengan cara mempertimbangkan kemampuan, bakat dan minat siswa terhadap suatu jurusan, dengan menggunakan logika fuzzy. Logika fuzzy berfungsi melakukan pemrosesan terhadap faktor kepastian dan ketidakpastian. Secara umum logika fuzzy dapat menangani faktor ketidakpastian secara baik sehingga dapat diimplementasikan pada proses pengambilan keputusan. Model logika fuzzy bekerja dengan menggunakan derajat keanggotaan dari sebuah nilai, kemudian digunakan untuk menentukan hasil yang diinginkan, berdasarkan aturan-aturan yang telah ditentukan.

Sistem pendukung keputusan penjurusan siswa SMU ini dibangun dengan menggunakan Borland Delphi version 7.0 dan Microsoft Access 2003 sebagai databasenya, sehingga diharapkan dapat memberikan keputusan yang tepat dengan hasil yang terbaik dalam proses penentuan suatu jurusan.


References


Daihani, U.D. ,2001, Komputerisasi Pengambilan Keputusan, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Jogiyanto, H.M., 1997, Pengenalan Komputer, Andi, Yogyakarta.

Kadir, A., 1999, Konsep Dan Tuntunan Praktis Basis Data, Andi, Yogyakarta.

Kadir, A., 2004, Pemrograman Database dengan Delphi 7 menggunakan Access dan ADO, Andi, Yogyakarta.

Kristanto, H., 1996, Konsep dan Perancangan Database, Andi, Yogyakarta.

Kusumadewi, S, 2004, Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Mangkulo, A.H., 2004, Pemrograman Database Menggunakan Delphi 7.0, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Pressman, S.R., 2002, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi), Andi Ofset, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.