PEMBANGUNAN WIRELESS MESH NODE PADA SOEKRIS net4801

Nana Rachmana, Tutun Juhana

Abstract


Jaringan wireless mesh adalah suatu bentuk implementasi teknologi wireless ad-hoc yang merupakan salah satu solusi bagi penyediaan infrastruktur telekomunikasi yang dapat digelar dengan cepat. Pada penelitian ini dikembangkan perangkat keras wireless mesh node yang merupakan komponen inti jaringan wireless mesh. Perangkat keras wireless mesh node ini dibangun menggunakan target perangkat keras Soekris net4801. Sistem operasi yang digunakan adalah Ubuntu Server. Selain sistem operasi, aplikasi penting lain yang diterapkan adalah daemon routing OLSRd sebagai program yang menjalankan algoritma routing. Untuk membangun wireless mesh node yang kengkap, motherboard Soekris Net4801 dilengkapi oleh MiniPCI WiFi card, dan Compact Flash Sandisk 1GB untuk storage. Gambar di bawah memperlihatkan wireless mesh node yang dikembangkan.


References


A. L. Garcia, I. Widjaja, “Communication Networks: Fundemantal Concepts and Key Architectures”, International Edition, Singapore: McGraw-Hill, 2003.

C – K Toh, “Ad Hoc Mobile Wireless Networks: Protocols and Systems”, New Jersey: Prentice Hall PTR, 2002.

Indra Anthony Kusmanto, Implementasi Wireless Mesh Node pada Mini-Itx, Final Project Report, STEI – ITB Electrical Engineering Study Program, 2007

I. Howard, “Mesh Networks”, Itrain Online, November 7 2005.

P. Nedeltchev, “Wireless Local Area Networks and The 802.11 Standard”, March 31 200

Thomas B. Krag, “Introduction to Mesh”, School on Radio-based Computer

Networking, ICTP, February 24th 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.