PENGALAMAN PEMBANGUNAN JOGJABELAJAR.ORG DALAM LINGKUP DIGITAL GOVERNMENT SERVICES BIDANG PENDIDIKAN PROVINSI DIY

Ali Tarmuji

Abstract


Digital Government Services Bidang Pendidikan merupakan salah satu dari enam bidang yang diunggulkan untuk dilaksanakan oleh Pemerintah DIY dalam rangka pencanangan Jogja Cyber Province. Berdasarkan master plan pengembangan JCP, pembangunan DGS Bidang Pendidikan dititikberatkan pada Peningkatan Kualitas Pendidikan K-12 dan Pendidikan Tinggi dengan dua program unggulannya Smart School (berkembang menjadi Jogja Learning Gateway yang diimplementasi dalam jogjabelajar.org) dan Regional Digital Library and Knowledge Center Network (diimplementasikan dalam digital library).

Pembangunan jogjabelajar.org bertumpu pada pedoman tujuh kerangka keselarasan TI dan organisasi dan panduan lain yang termuat dalam blueprint JCP, serta dokumen-dokumen kebutuhan dari Dinas Pendidikan DIY dan kalangan pendidikan dasar menengah di lingkungan DIY. Lingkup pekerjaan meliputi mempersiapkan sarana menuju smart school berbasis internet dengan cara mengimplementasikan sebuah layanan belajar via internet menggunakan salah satu engine pembelajaran atau learning Management System yang open source sehingga dapat dimodifikasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan tersebut di atas. Langhkah selanjutnya adalah melakukan sosialisasi penggunaan jogjabelajar.org di lingkungan dinas, dilanjutkan ke lingkungan pengelola (admin) dan guru-guru dan siswa di lingkungan DIY.

Terbangunnya JLG dengan implementasi jogjabelajar.org dimungkinkan kolaborasi antara pendidik, pembelajar (siswa), praktisi, profesional, kalangan bisnis dapat bertemu dan dapat bertukar ilmu di suatu wadah pembelajaran online via internet. Di jogjabelajar.org terdapat fasilitas untuk proses pembelajaran, dari penyediaan media belajar, bahan belajar, sistem penilaian, sistem pendataan keaktifan, diskusi, pengumuman, dan lain-lain seputar pendidikan. Sehingga jogjabelajar.org diharapkan mampu memberikan salah satu solusi untuk mengatasi kekukarangan metode yang dihadapi dalam pembelajaran dengan metode konvensional.


References


Dinas Pendidikan D.I. Yogyakarta, 2006, Kerangka Acuan Kerja Pengembangan DIY Learning Gateway¬, Dinas Pendidikan DIY, Yogyakarta.

Instruksi Presiden Nomor 3, 2003, tentang Kebijakan Dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government, Pemerintah RI, Jakarta.

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, 2005, Blueprint Jogja Cyber Province 2005, Pemda DIY, Yogyakarta.

Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta nomor 2, 2004, tentang Pembentukan Dan Organisasi Teknis Daerah Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Pemda DIY, Yogyakarta.

Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta nomor 6, 2003, tentang Renstrada Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 2004-2008, Pemda DIY, Yogyakarta.

Peraturan Pemerintah Nomor 8, 2003, tentang Pedoman Organisasi Perangkat Daerah, Pemerintah RI, Jakarta.

http://www.moodle.org diakses minggu keempat bulan Oktober 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.