PENERAPAN OBJECT RELATIONAL MAPPING PADA ENTERPRISE RESOURCE PLANNING

Dian Indah Savitri, Wisnu Ananta Kusuma

Abstract


ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan suatu aplikasi integrasi yang difokuskan untuk mengotomasi seluruh  aktivitas infrastruktur dalam suatu perusahaan. Sistem ERP menggabungkan proses bisnis antara perusahaan dan pelanggan, perusahaan dengan supplier, dan proses perhitungan finansial perusahaan. Semua proses bisnis yang tergabung mengakses pada sebuah basis data yang terpusat.

Sistem manajemen basis data yang banyak digunakan pada aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) adalah basis data relasional, sedangkan pengembangan aplikasi skala enterprise sebagian besar menerapkan konsep berorientasi objek. Dengan demikian terdapat ketidaksesuaian antara basisdata relasional dengan aplikasi yang menggunakan konsep berorientasi objek. Ketidaksesuaian tersebut antara lain terkait dengan aspek granularity, subtypes, identity, association,  dan navigasi data.

Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap rancangan aplikasi Retail ERP. Ditemukan ketidak sesusian yang meliputi tiga aspek, yaitu aspek identitas, asosiasi, dan navigasi data. Untuk mengatasi ketidaksesuaian tersebut, diimplementasikan konsep Object Relational Mapping (ORM). Setiap objek yang akan dipetakan menjadi tabel-tabel pada basis data relasional dibungkus oleh suatu interface dengan menerapkan konsep design pattern. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan integrasi dengan lapisan aplikasi.

Implementasi ORM ini dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu: pemetaan Data Transfer Object dengan menghilangkan paradigma ketidaksesuaian antara basis data relasional dengan pemrograman berorientasi objek, membuat fungsi-fungsi akses data dengan mengimplementasikan DAO pattern, menyederhanakan fungsi akses data dengan memanfaatken konsep design pattern, membuat skema basis data, dan menyatukan lapisan persistensi dan lapisan aplikasi.

Implementasi konsep ORM terbukti dapat menghilangkan ketidaksesuian  tersebut. Selain itu penerapan ORM yang dilengkapi dengan design pattern membuat sistem ERP menjadi lebih mudah untuk dikembangkan.

References


Alur D, Crupi J, Malks D. 2003. Core J2EE™ Patterns: Best Practices and Design Strategies, 2nd Edition. United States: Addison-Wesley.

Bauer C, King G. 2007. Java Persistence with Hibernate. United States :

Manning.

Ernita, H. 2008. Pengembangan Enterprise Resource Planning Untuk Perusahaan Ritel. [Skripsi]. Bogor: Departemen Ilmu Komputer, Institut Pertanian Bogor.

Gamma E, Helm R, Johnson R, Vlissides J. 1995. Design Patterns: Elements of Reusable Object-Oriented Software. United States: Addison-Wesley.

Husted T. 2003. Struts in Action : Building Web Application with the Leading Java Framework. United States : Manning.

Parr A. N. 2000. A Taxonomi of ERP Implementation Approach. School of Business System, Monash University.

Peak P, Heudecker N. 2006. Hibernate Quickly. United States: Manning.

Thamura F, Haryanto L, Muhardin E. 2007. Cara Cepat Mengembangkan Solusi Java Enterprise dengan Arsitektur MVC. Jakarta: Bambumas.

Themistocleous, M. et al. ERP Problems and Application Integration Issue: An Empirical Survey. Departement of Information System and Computing, Brunel University.

Walls C, Breidenbach R. 2005. Spring in Action. United States: Manning.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.