PENGEMBANGAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) UNTUK PERUSAHAAN RITEL

Halida Ernita, Wisnu Ananta Kusuma

Abstract


Ritel memiliki peranan penting dalam proses pendistribusian produk dan jasa dari produsen ke konsumen. Ritel membutuhkan pengaturan informasi bagi konsumen dan produsen mengenai produk dan jasa yang tersedia dan yang diperlukan. Perubahan yang cepat pada lingkungan ritel saat ini, menuntut pengusaha untuk lebih cerdas dan tanggap terhadap perubahan tersebut. Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sebuah sistem yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. ERP merupakan sebuah sistem yang mengintegrasikan proses bisnis perusahaan sehingga dapat merampingkan aktivitas perusahaan, memfasilitasi interaksi antar unit bisnis, dan memberikan kemudahan untuk mengakses informasi. Dipicu oleh perkembangan e-commerce saat ini, fungsi pada ERP juga mengalami penambahan  yaitu adanya interaksi bisnis secara elektronik. Pada Penelitian ini dikembangkan sebuah sistem Enterprise Resource Planning untuk perusahaan ritel dimana fungsi-fungsi dalam sistem ini disesuaikan dengan  kebutuhan e-commerce. ERP ini akan dibangun dengan pendekatan berorientasi objek dan memanfaatkan design pattern  Model View Controller (MVC)  pattern.

References


Berman B, Evans JR. 2001. Retail Management, A Strategic Approach, 8th edition. New Jersey : Prentice Hall.

Dhewanto W, Falahah. 2007. ERP (Enterprise Resource Planning), Menyelaraskan Teknologi Informasi dengan Strategi Bisnis. Bandung: Penerbit Informatika.

Dune P, et al. 2002. Retailing 4th edition. Southwestern Australia

Fess, WR. 2006. Pengantar Akuntansi, edisi 21. Jakarta: Salemba Empat.

Gosh, Avijith. 1994. Retailing Management, The Den Press 2nd edition. Newyork: Newyork University.

Kranz RS. 2000. Is True Retail ERP Available? –Statistical Data Included. DSN Retailing Today.

Luttighuis PO, Biemans F. ERP in the E-commerce Era. Netherlands: Telematic Institute.

Mason M, Ezzel.1994. Retailing 5th Edition. Newyork: Newyork University.

O’Brien. 2005. Introduction to Information System. Ed ke-12. McGraw-Hill.

Rashid MA, et.al. 2002. The Evolution of ERP System: A Historical Perspective. USA: IRM Press.

Savitri D. 2008. Penerapan Object Relational Mapping pada Pengembangan Enterprise Resource Planning [skripsi]. Bogor: Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor.

Sommerville I. 2001. Software Engineering. Ed ke-6. England: Addison-Wesley.

Susilowati Y. 2005. Analisis Determinan Jumlah Omset Ritel Modern di Indonesia Pasca Liberasasi Perdagangan [skripsi]. Bogor: Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.

Themistocleous M et al. 2001. ERP Problems and Application Integration Issues: An Empirical Survey. Di dalam: Proceeding of the 34th Hawaii International Conference on System Sciences.

Turban E et al. 2005. Decision Support System and Intelligent Systems. Ed ke-7. New Jersey: Prentice Hall.

Turban E et.al.2005. Introduction to Information Technology. USA : Willey Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.