PENGEMBANGAN DIGITAL LIBRARY PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ATMAJAYA YOGYAKARTA

Timotius Dana, Desy Herlina Samosir, I Made Widiyasa

Abstract


Era informasi abad 21 ini Information and Communication Technology (ICT) menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan kita, terutama institusi pendidikan. Semua, termasuk perpustakaan berlomba untuk mengintegrasikan ICT guna membangun dan memberdayakan civitas akademiknya berbasis pengetahuan untuk bisa bersaing dalam era global.

Pada makalah ini, akan dipaparkan mengenai pengembangan digital library yang ditujukan untuk perpustakaan Universitas Atmajaya Yogyakarta. Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini sudah tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan kita, terutama dalam hal pendidikan. Termasuk di dalamnya adalah perpustakaan, dimana perpustakaan berusaha untuk mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi guna membangun dan memberdayakan civitas akademiknya berbasis internet.

Dalam menyikapi hal tersebut, Universitas Atmajaya Yogyakarta mengembangkan Digital Library yang diarahkan untuk meningkatkan proses pelayanan pada pelanggan dengan kualitas dan kecepatan yang baik,serta meningkatkan efektifitas dan efisiensi penata laksanaan perpustakaan. Sehingga nantinya dapat memperlancar proses belajar mengajar. Pendekatan yang digunakan adalah visualisasi berbasis internet. Digital Library ini dibangun dengan menggunakan Visual Studio .Net dan menggunakan basis data My SQL server 2000. Dimana pada Digital Library ini tersedia berbagai macam judul buku, skripsi, civitas, jurnal, laporan penelitian, dan makalah. Pembangunan Digital Library ini lebih difokuskan untuk umum, jadi tidak hanya mahasiswa Universitas Atmajaya yang bisa mengakses untuk Digital Library, tetapi secara umum orang lain dapat mengakses aplikasi ini.

References


Fahmi, Ismail, 2004. Inovasi Jaringan Perpustakaan Digital: Network of Networks (NeONs). Makalah Seminar dan Workshop Sehari Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang 4 Oktober 2004.

Hasibuan, Zainal A, 2005. Pengembangan Perpustakaan Digital: Studi Kasus Perpustakaan Universitas Indonesia. Makalah Pelatihan Pengelola Perpustakaan Perguruan Tinggi. Cisarua - Bogor, 17-18 Mei 2005.

Ikhwan, Arief, 2004. Konsep dan Perancangan dalam Outomasi Perpustakaan. Makalah Seminar dan Workshop Sehari Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang 4 Oktober 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.