MANAJEMEN GRID UNTUK RENDER ANIMASI 3 DIMENSI

Arthur Mourits Runagit, Moch Hariadi

Abstract


Masalah utama dalam melakukan proses render yaitu waktu yang dihasilkan oleh CPU untuk melakukan rendering. Untuk mengatasi masalah tersebut dikemukakannya grid computing dengan memanfaatkan sumber daya yang ada sebagai suatu rendering farm. Grid computing adalah pemanfaatan sumber daya atau penggabungan resource-resource yang terpisah secara aman dan mudah sehingga tecipta suatu lingkungan komputasi yang besar. Rendering farm adalah sekumpulan dari komputer yang bekerja secara bersama sama untuk melakukan proses render. Dibutuhkan suatu tools untuk melakukan proses parallel rendering. Yadra akan sangat efektif bila digunakan untuk merender suatu animasi, sebab yadra bekerja dengan cara memecah dan mendistribusikan frame dari file animasi kepada setiap komputer. Dalam penelitian ini yadra akan di implementasikan pada sistem grid yang telah ada di Jurusan Teknik Elektro ITS.


References


Blaise Barney, 2008. Introduction to Parallel Computing, https://computing.llnl.gov/tutorials/parallel_comp/.

I. Foster dan C. Kesselman, 2004. The Grid : Blueprint for a Future Computing Infrastructure. Morgan Kaufmann Publishers

Fajran Iman Rusadi, 2006. Evaluasi Lingkungan Pemrograman Paralel Berbasis Message Passing Interface dalam Infrastruktur Komputasi Grid di Universitas Indonesia.

Ursula Maier dan Georg Stellner, 2008. Distributed Resource Management for Parallel Applications in Networks of Workstations, http://citeseer.ist.psu.edu/maier97distributed.html.

Ian Foster, 2002. What is the Grid? A Three Point Checklist. Grid Today, http://wwwfp. mcs.anl.gov/~foster/Articles/ WhatIsTheGrid.pdf.

Joshy Joseph and Craig Fellenstein, 2003. Grid Computing. Prentice Hall.

GridWay Team, 2007 GridWay 5.2 Documentation: User Guide, Universidad Complutense de Madrid

S. Lee Gooding, Laura Arns, Preston Smith, and Jenett Tillotson, Implementation of a Distributed Rendering Environment for the TeraGrid, Purdue University


Refbacks

  • There are currently no refbacks.