PERANCANGAN SISTEM E-PROCUREMENT PADA PT. MULTI ERAGUNA USAHA

Tri Pujadi, Shandy Shandy, Dian Novita Sari, Carla Wibowo

Abstract


Dalam perkembangan e-business, banyak contoh bidang usaha yang menjadi lebih efisien dengan penggunaan TI. Salah satu bidang tersebut adalah e- procurement yang dipraktekkan untuk mengatasi masalah pengadaan material dan memudahkan hubungan dengan supplier PT Multi Eraguna Usaha. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sistem procurement dengan melakukan analisis dan merancang aplikasi sistem e-procurement. Sedangkan metode yang digunakan dalam perancangannya menggunakan pendekatan berbasis objek (Object Oriented Analysis and Design Method) dengan pengembangan aplikasi berbasis web. Hasil yang dicapai diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pengadaan material perusahaan. Simpulan yang didapat adalah dengan adanya sistem e-procurement ini, selain dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pengadaan material, juga mampu memperkecil kemungkinan terjadinya kekosongan stock material, mengurangi biaya administrasi, dan meminimalkan proses kesalahan pencatatan dan pemasukan data dalam pemesanan.


References


Anonim1. 2008. E-procurement – Wikipedia the free encyclopedia. http://en.wikipedia.org/wiki/E-procurement. (18 Desember 2008).

Chaffey, Dave. (2007). E-Business and E-Commerce Management : Strategy, Implementation and Practice. 3rd Edition. Prentice Hall, Inc., Upper Saddle River, New Jersey.

Ellsworth, Jill H. dan Matthew V. Ellsworth. (1997). Pemasaran di Internet, Edisi Revisi. Terjemahan Yulianto.

Kalakota, Ravi and Marcia Robinson. (2001). E-Business 2.0 : Roadmap for Success. Addison Wesley, Longman Inc., Cambridge, Massachussets.

Mathiassen, Lars, Andreas Munk-Madsen, Peter Axel Nielsen & Jan Stage. (2000). Object Oriented Analysis & Design. 1st Edition. Marko Publishing Aps, Denmark. Neef, Dale. (2001). E-procurement : From Strategy to Implementation. Pearson Profl Education, New Jersey.

Turban, Efraim, et al. (2008). Electronic Commerce 2008: A Managerial Perspective. Prentince Hall, Inc., Upper

Saddle River, New Jersey.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.