PENERAPAN MOBILE AUGMENTED REALITY BERBASIS CLOUD COMPUTING PADA HARIAN UMUM RADAR BANYUMAS

Dhanar Intan Surya Saputra, Ema Utami, Andi Sunyoto

Abstract


Cloud computing menerapkan suatu metode komputasi, yaitu kapabilitas yang terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (service) sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat internet tanpa mengetahui apa yang ada di dalamnya, ahli dengannya atau memiliki kendali terhadap infrastuktur teknologi yang membantunya. Peningkatan inovasi dan kreativitas pada sebuah produk adalah suatu kewajiban, salah satunya adalah inovasi pada sebuah media cetak (koran) untuk dapat menarik perhatian para pembaca. Pembaca koran biasanya akan tertarik pada sebuah headline news sebuah berita yang sangat menonjol, namun itu sudah hal yang biasa. Penambahan konten digital pada sebuah media surat kabar semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi, seperti koran digital, website surat kabar dan berbagai jenis inovasi lainnya. Inovasi terbaru yang diharapkan dapat menarik perhatian pembaca adalah penerapan teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi AR merupakan integrasi elemen digital yang ditambahkan ke dalam dunia nyata secara waktu nyata (data real-world) dan mengikuti keadaan lingkungan yang ada di dunia nyata serta dapat diterapkan pada perangkat mobile. Penggabungan teknologi smartphone dengan AR menggunakan metode markers complex untuk mengenali objek sangat memungkinkan menghasilkan sebuah konten Mobile Augmented Reality (MAR), sehingga pada ponsel akan menghadirkan keterangan tentang berita tersebut atau bahkan menampilkan gambar, suara dan video. Pembaca cukup mengaktifkan aplikasi, kemudian mengarahkan smartphone ke objek gambar atau headline news dan dari objek tersebut akan muncul gambar dan animasi atau video serta audio pendukung lainnya. Penerapan MAR akan semakin memudahkan pihak redaksi ketika berbasis cloud computing, dimana konten yang dibuat dan diunggah oleh pihak redaksi dapat ditampilkan serta diakses oleh pembaca siapa saja dan kapan saja dengan terkoneksi internet.


References


A. De Lucia, dkk, 2012, A Collaborative Augmented Campus Based on Location-Aware Mobile Technology, International Journal of Distance Education Technologies, 10(1), 55-73, January-March 2012.

Arief, I., McCallum, S., Hardeberg, J.Y., 2012, Realtime Estimation of Illumination Direction for Augmented Reality on Mobile Devices, The Norwegian Colour and Visual Computing Laboratory, Gjøvik University College.

Anggeriana, H., 2011, Cloud Computing (Komputasi Awan), IT Links Indonesia.

Candra, L., Utami, E., Sofyan, A.F., 2012, Perancangan Sistem Interaksi Berbasis Teknologi Augmented Reality pada Sampul Media Promosi Cetak, Jurnal Teknologi Informasi ISSN : 1907 – 2430, volume 6, Nomor 18, Nopember 2011.

Danto, Walesa, 2011, Analisis Metode Occlusion Based Pada Augmented Reality Studi Kasus : Interaksi Dengan Objek Virtual Secara Real Time Menggunakan Gerakan Marker, SNASTIA 2011-01-10.

F. Gozali, 2012, Mobile Cloud Berbasis Virtual Smartphone Over IP. Universitas Trisakti Indonesia.

Gartner, 2008, Cloud Computing Will Be As Influential As E-business, STAMFORD, Conn., June 26, 2008

Hardiansyah, F.F., Setiowati, Y., Fathoni, K., 2012, Augmented Reality Untuk Mengetahui Fasilitas Umum Berbasis Android, eepis-its, PENS-ITS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya).

Huang, Bai-Ruei, 2012, Mobile Augmented Reality Based on Cloud Computing, Anti-Counterfeiting, Security and Identification (ASID), 2012 International Conference, 24-26 Aug 2012.

Jati Waloeyo, Y, 2012, Cloud Computing, Aplikasi berbasis web yang

mengubah cara kerja dan kolaborasi Anda secara online, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Milgram, P., A.F. Kishino, 1994, Taxonomy of Mixed Reality Visual Display, IEICE Transaction on Information and Systems, E77-D(12), pp. 1321-1329.

Nugroho, A., 2010, Rekayasa Perangkat Lunak Objek dengan Metode USDP (Unified Software Development Process), Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Perdana, M.Y., Fitrisia, Y., Putra, Y.E., 2012, Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Organ Pernapasan Manusia Pada Smartphone Android, Jurnal Teknik Informatika, Vol 1 September 2012.

Qi, H., dan Gani, A., 2012, Research on Mobile Cloud Computing: Review, Trend and Perspectives, Digital Information and Communication Technology and it's Applications (DICTAP), 2012 Second International Conference, 16-18 May 2012.

Ronald T. Azuma, 1997, A Survey of Augmented Reality, In Presence: Teleoperators and Virtual Environments 6, 4 (August 1997), 355-385.

Rizki, Y., Hariadi, M., Christyowidiasmoro, 2012, Markerless Augmented Reality Pada Perangkat Android, Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Sholiq, 2006, Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Staten, J., 2008, Is Cloud Computing Ready For The Enterprise, Forrester Research, Inc. March 2008.

Yasin, V., 2012, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Pemodelan, Arsitektur dan Perancangan (Modeling, Architecture and Design), Mitra Wacana Media, Jakarta.

http://www.ar-innovation.com (diakses pada 5 Februari 2013).

http://www.layar.com (diakses pada 5 Februari 2013).

http://www.layar.com/documentation/browser/layar-platform-overview/ (diakses pada 5 Februari 2013).

http://www.vuforia.com (diakses pada 5 Februari 2013).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor