REALTIME DATA AKUISISI BERBASIS USB-FIFO UNTUK SISTEM DOPPLER TRACKING ROKET

Wahyu Widada

Abstract


Tulisan ini membahas hasil pengembangan data akuisisi untuk prototipe sistem radio Doppler tracking roket. Signal radio Doppler pada frekuensi band UHF yang diukur mempunyai frekuensi hingga 3 KHz, sehingga memerlukan akuisisi data secara realtime dengan kecepatan tinggi untuk dapat mengukur kecepatan roket. Analog-to-digital converter adalah ADC0820 8 bit parallel yang digunakan untuk akuisisi data dan melalui USB-FIFO dapat langsung dikirim ke PC dengan cepat. Hasil yang diperoleh menunjukkan prototipe ini mempunyai kecepatan sampling 400 KHz secara realtime ke PC. Spesifikasi ini cukup untuk memproses signal Doppler dan telah dimanfaatkan untuk sistem pengukur kecepatan peluncuran roket.   

References


BatErdene Byambasuren etal, "Design of USB-based High Rate Data Communication for Transcranial Doppler Ultrasound System" Interna tional Journal of Control and Automation Vol. 5,No.2,June, 2012

J. Rodríguez, A. Goñi, and A. Illarramendi, "Real-Time Classification of ECGs on a PDA," IEEE Trans. On Information Technology in Biomedicine., vol. 9, no. 1, March 2005.

J. M. Najeb, Arief Ruhullah, Sh-Hussain Salleh “12-Channel USB Data Acquisition System For QT Dispersion Analysis” Proceedings of the International Conference on Robotics, Vision, Information and Signal Processing ROVISP2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.