SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT BERBASIS WEB MENGGUNAKAN JAVA SERVER PAGES

Heru Cahya Rustamaji

Abstract


Hospital give service of treatment and medication for society.With growth of computer technology, hospital cope to apply the system computerize in all areas, specially part of medical record. Constructively the computerization, it can upgrade and also quicken the medical service.
Hospital information system use GRAPPLE development method ( Guidelines for Rapid Application Engineering), consist of 5 step that is : requirement gathering, analysis, design, developnment, and deployment. Step in grapple is not compiled in the form of static. the step workable repeatedly with different activity sequence with the sequence before all.
This web based nformation system developed using JSP and apache Tomcat. Tomcat is servlet engine open source which included in project Jakarta done by apache software foundation.

Rumah sakit berfungsi untuk memberikan pelayanan perawatan dan pengobatan bagi masyarakat.  Dengan perkembangan teknologi komputer rumah sakit berupaya untuk menerapkan sistem komputerisasi dalam segala bidang khususnya bagian rekam medis. Dengan bantuan komputerisasi tersebut, dapat meningkatkan mutu serta mempercepat pelayanan medis.
Sistem informasi rumah sakit ini menggunakan metode pengembangan GRAPPLE (Guidelines for Rapid APPLication Engineering) yang terdiri dari 5 tahapan yaitu :requirement gathering, analysis, design, developnment, dan deployment. Tahapan dalam GRAPPLE tidak disusun dalam bentuk statis sehingga tahapan dapat dikerjakan berulang kali dengan urutan kerja yang tidak harus sesuai dengan urutan yang ada.
Teknologi yang dipakai untuk membangun sistem informasi berbasis web ini adalah menggunakan JSP dan apache Tomcat. Tomcat merupakan servlet engine open source yang termasuk dalam proyek Jakarta yang dikerjakan oleh Apache Software Foundation.

Keywords


Hospital Information System, JSP



DOI: https://doi.org/10.31315/telematika.v6i2.1415

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.31315/telematika.v6i2.1415.g1296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright of :
TELEMATIKA: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi
ISSN 1829-667X (print); ISSN 2460-9021 (online)


Dipublikasi oleh
Jurusan Teknik Informatika, UPN Veteran Yogyakarta
Jl. Babarsari 2 Yogyakarta 55281 (Kampus Unit II)
Telp: +62 274 485786
email: jurnaltelematika@upnyk.ac.id

 

Jurnal Telematika sudah diindeks oleh beberapa lembaga berikut:
 

 

 

 

 

Status Kunjungan Jurnal Telematika