STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DAN VOLUME PENJUALAN MENGGUNAKAN TEKNIK CLUSTERING K-MEANS

Arfi Joyendri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengetahuan yang dihasilkan melalui proses clustering data mining yang kemudian dihubungkan dengan strategi pemasaran customer relationship manajement yang dapat membantu peningkatan volume penjualan dan loyalitas pelanggan dalam distribusi pemasaran yang selama ini telah dilakukan. Dengan teknik ini pihak distributor dapat melihat pangsa pasar mana yang produktif dan yang mana yang harus dikembangkan untuk diproses lebih lanjut. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode Clustering dengan teknik penglompokan K-Means, dimana akan dihasilkan informasi anggota berdasarkan cluster yang terbagi menjadi dua cluster, yaitu cluster dengna anggota produktif dan cluster dengan anggota yang kurang produktif untuk disikapi lebih lanjut. Permasalahan yang akan diselesaikan dengan motede ini adalah bagaimana menghasilkan pengetahuan yang   berguna bagi pihak distributor yaitu meningkatkan volume penjualan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Melalui teknik clustering K-Means dan selanjutnya hasil dari proses clusetirng tersebut akan digunakan sebagai bahan penerapan strategi customer relationship manajement tentunya dengan tujuan untuk meningkatkan volume penjualan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

 


Keywords


Data Mining; K-Means Clustering; RapidMiner; Customer Relationship Management

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Telematika by http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/telematika/index/ is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC NC-BY-SA 4.0)
Status Kunjungan Jurnal Telematika