PENGIDENTIFIKASIAN EXTRACT CLASS REFACTORING UNTUK MENINGKATKAN NILAI COHESION CLASS: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Mohammad Farid Naufal

Abstract


Context: Cohesion merupakan faktor yang sangat diperhitungkan dalam menilai tingkat kualitas sebuah software yang menggunakan dasar Object Oriented Programming (OOP) dalam pengembangannya. Semakin besar nilai cohesion maka class tersebut semakin independen sehingga semakin mudah dilakukan maintenance pada saat software berevolusi. Dalam pengembangan OOP diharapkan memiliki nilai cohesion yang tinggi.

Objective: Paper ini menggunakan studi literatur sistematis terkait pada salah satu teknik refactoring yaitu extract class yang merupakan suatu cara untuk meningkatkan nilai cohesion dari sebuah class dan class cohesion metric untuk menilai tingkat kompleksitas class.

Method: Dalam paper ini akan dilakukan studi literatur secara sistematis pada dua database jurnal yang berkaitan dengan extract class dan class cohesion metric hingga tujuh tahun terakhir.

Results: Literatur tentang extract class refactoring dan class cohesion metric yang telah ada saat ini diklasifikasikan dan dilakukan perbandingan dari masing-masing metode.

Conclusion: Dari review studi literatur masih terdapat issue terkait berapa jumlah optimal class yang harus dibentuk dari extract class refactoring.


Keywords


cohesion, extract class, refactoring, object oriented programming.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Telematika by http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/telematika/index/ is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC NC-BY-SA 4.0)
Status Kunjungan Jurnal Telematika