AKURASI DALAM ANALISA EKSPRESI EMOSI MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITI DENGAN METODE NEURAL NETWORK DAN EIGENFACE

Fajri Mulya Putra, Frans Richard Kodong, Mangaras Yanu Florestiyanto

Abstract


Perusahan perusahaan di Indonesia cukup meningkat, dan banyak nya Lulusan muda dari perguruan tinggi di Indonesia sangat banyak belakangan ini. Maka Perusahaan butuh tenaga kerja yang cukup banyak dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas Perusahaan tersebut.. Baik itu tenaga kerja dibidang IT ataupun dibagian Accounting dan tenaga teknisi ataupun pegawai umum untuk menjalankan Perusahaan tersebut. Karakteristik manusia itu memiliki banyak macam untuk menunjukan emosi nya. Dengan adanya sistem yang dapat diakses oleh Pihak HRD dengan perangkat mobile nya diharapakan dapat membantu untuk mendapatkan informasi lebih terhadap Calon Pegawai yang akan di wawancara oleh Pihak HRD. Analisis emosi merupakan kesimpulan dari effort emosi dalam mengungkapkan sesuatu dalam bentuk ekspresi. Pada peng ekspresian emosi untuk manusia biasanya memiliki cara yang berbeda beda. Dalam test wawancara untuk pencalonan pegawai baru dalam sebuah perusahaan memiliki banyak penilaian seperti penilian sikap, kontak mata , cara berbicara , bahasa tubuh dan ekspresi emosi. Dengan tenologi emotional face analysis dan voice emotion analysis dengan menggunakan teknologi Augmented Reality dan Artificial Intelligence yang nantinya digunakan sebagai tools untuk membantu pihak HRD dalam proses wawancara untuk mengumpulkan informasi tambahan terkait emosional psychology dari calon pegawai.

Keywords


Analisis Emosi, Augmented Reality, Kecerdasan Buatan

Full Text:

PDF

References


Afifi, R. (2015). Teknologi IT Untuk Recruitment Dalam SISI.

Aini, N. (2014). Pengertian Voice Recognition.

Azuma, R. T. (1997). Augmented Reality 3D. Retrieved from

Cook, N. D. (2002). Tone of Voice and Mind: The Connection Between Intonation, Emotion, Cognition and Conciousness.

Ekhman, P. (2003). Emotional Revealed : Recognizing Face & Feeling to Improve Communication and Emotional Life, 1, Paperback.

Goleman, D. (1997). Pengertian Emosi.

Hathersall. (1985). Psycholigic Emotional and React of Sense Emotion.

Isbadi Urifan, Hidayat, R., & Soesanti, J. (2010). Pengenalan Wajah Dengan Metode Eigenface.

Kipper. (2014). Augmented Reality (from Himself Book “Augmented Reality 1st Edition”).

Muliawan, M. R. (2015). Pengertian Face Recognition.

Prezz. (1999). Emotional Kognitif Dan Analisis Emotion Responsive.

Rinaldi. (2009). Perkembangan Alat Speech Recognition

Ronaldo. (2012). Pattern of Voice Recognition.

Schmuller, J. (2004). Sams Teach Yourself Uml In 24 Hours. Sams Publishing., Sams Publishing.

Simon, H. A. (1987). Pengertian Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan).

Sunny, A. S. (2009). Pengertian Speech & Teori Frequensi Suara.

Wibisono, & Baskoro. (2002). Pengujian Perangkat Lunak Dengan Menggunakan Model Behavior Uml Juti J. Ilm Teknol. Inf 1, 43-50.

Yusuf, S. (2003). A Complex Feeling State Accompanied by Characteristic Motor and Grandular Activities (Macam Macam Emosi Pada Manusia).




DOI: https://doi.org/10.31315/telematika.v1i1.3376

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/telematika.v1i1.3376.g2561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of :
TELEMATIKA: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi
ISSN 1829-667X (print); ISSN 2460-9021 (online)


Dipublikasi oleh
Jurusan Teknik Informatika, UPN Veteran Yogyakarta
Jl. Babarsari 2 Yogyakarta 55281 (Kampus Unit II)
Telp: +62 274 485786
email: jurnaltelematika@upnyk.ac.id

 

Jurnal Telematika sudah diindeks oleh beberapa lembaga berikut:
 

 

Status Kunjungan Jurnal Telematika