ALGORITMA COCKE YOUNGER KASAMI UNTUK DETEKSI STRUKTUR KALIMAT DAN MEREKOMENDASIKANYA MENGGUNAKAN ALGORITMA DAMERAU LEVENSHTEIN DISTANCE

Budi Prabowo, Heru Cahya Rustamadji, Yuli Fauziah

Abstract


Penggunaan kata baku dan struktur kalimat merupakan salah satu syarat dalam penulisan laporan penelitian, tanpa disadari kesalahan penulisan dapat terjadi baik berupa kesalahan pengetikan maupun pada struktur kalimat, beberapa penyebabnya ialah kebiasaan saat menulis pesan pendek, berkembangnya bahasa yang digunakan sehari-hari dan susunan keyboard yang terlalu dekat. Kesalahan penulisan biasanya akan segera diperbaiki setelah selesai menulis, namun untuk memperbaikinya diperlukan waktu dan ketelitian. Algoritma CYK merupakan algoritma parsing keanggotaan untuk tatabahasa bebas konteks yang dapat digunakan untuk memeriksa struktur kalimat sedangkan algoritma DLD merupakan algoritma yang mampu menghitung jarak perbedaan dari dua buah string sehingga dapat dimanfaatkan untuk rekomendasi kata dan kalimat. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan algoritma CYK untuk mendeteksi struktur kalimat dan algoritma DLD untuk merekomendasikan kata dan struktur kalimat. Pemeriksaan kalimat dilakukan dengan mengelompokan setiap kata yang terdapat pada teks berdasarkan jenisnya, kata yang telah dikelompokkan tersebut kemudian disusun kembali kedalam bentuk kalimat dan diperiksa dengan algoritma CYK untuk mengetahui apakah kalimat tersebut benar atau salah, jika kalimat salah maka diberikan rekomendasi kalimat menggunakan algoritma DLD dengan menghitung edit distance-nya, selain perbaikan pada kalimat algoritma DLD juga melakukan perbaikan pada kata yang salah. Hasil pengujian didapatkan tingkat keberhasilan algoritma CYK dalam mendeteksi struktur kalimat sebesar 96% dan algoritma DLD dalam merekomendasikan kata sebesar 96%, sedangkan untuk merekomendasikan kalimat sebesar 88%.


Keywords


Cocke Younger Kasami, Damerau Levenshtein Distance, Struktur Kalimat, Kata, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Erlin, A. 2017. Pengertian Kata, Hakikat Kata dan Pengklasifikaian Kata. https://argadiaerlin97.wordpress.com/2017/06/22/pengertian-kata-hakikat-kata-dan- %09penglasifikasian-kata, diakses 17 Maret 2018.

Hayati, V.N. 2014. Aplikasi Segmentasi Teks Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Context Free Grammar Untuk Pencocokan Kalimat Skripsi. Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Maghfira, T., Cholissodin, I. & Widodo, A. 2017. Deteksi Kesalahan Ejaan dan Penentuan Rekomendasi Koreksi Kata yang Tepat Pada Dokumen Jurnal JTIIK Menggunakan Dictionary Lookup dan Damerau-Levenshtein Distance. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(6), 498–506.

Malik, A.K. 2011. Unsur-Unsur Pembentuk Kalimat. https://akmalik.wordpress.com/materi- %09kuliah/bahasa-indonesia/modul-2-unsur-unsur-pembentuk-kalimat/. Diakses 17 Maret 2018

Pahdi, A. 2016. Koreksi Ejaan Istilah Komputer Berbasis Kombinasi Algoritma Damerau-Levenshtein dan Algoritma Soundex. Journal Speed–Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi–,8(2),1–8.

Pyriana, D.R., Suprapto., & Suharsono. 2012. Program Aplikasi Editor Kata Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Approximate String Matching Dengan Algoritma Levenshtein Distance Berbasis Java . Program Studi Teknik Informatika Un. Program Studi Teknik Informatika Universitas Brawijaya, 1–10.

Rachmawati, I. 2016. Pengertian Klausa dan Jenis – Jenis Klausa. https://portal-ilmu.com/pengertian-dan-jenis-jenis-klausa/. Diakses 17 Maret 2018

Setyawan, C.A. 2016. Program Dinamis dan Pencocokan String untuk Penyelesaian Soal Pemrograman Kompetitif. Makalah IF2211 Strategi Algoritma, Semester II Tahun 2015/2016. ITB, Bandung, Indonesia

Susanti, S. 2016. Analisis Perbandingan Algoritma Lcp(Left-Corner-Parsing) Dan Algoritma Cyk (Cocke-Younger-Kasami) Untuk Memeriksa Pola Kalimat Baku Bahasa Indonesia. Universitas Komputer Indonesia.

Wahyudipraja, M.F. 2015. Implementasi Algoritma Cocke -Younger-Kasami (CYK) Dan Levenshtein Untuk Merekomendasikan Perbaikan Struktur Kalimat Dan Kesalahan Pengetikkan Bahasa Indonesia. Skripsi Universitas Komputer Indonesia.

Warsito, A. 2017. 6 Jenis-jenis Klausa Verbal dan Contohnya dalam Kalimat. https//dosenbahasa.com/jenis-jenis-klausa-verbal. diakses 17 Maret 2018⁠⁠⁠⁠⁠




DOI: https://doi.org/10.31315/telematika.v1i1.3378

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/telematika.v1i1.3378.g2563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of :
TELEMATIKA: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi
ISSN 1829-667X (print); ISSN 2460-9021 (online)


Dipublikasi oleh
Jurusan Teknik Informatika, UPN Veteran Yogyakarta
Jl. Babarsari 2 Yogyakarta 55281 (Kampus Unit II)
Telp: +62 274 485786
email: jurnaltelematika@upnyk.ac.id

 

Jurnal Telematika sudah diindeks oleh beberapa lembaga berikut:
 

 

 

 

 

Status Kunjungan Jurnal Telematika