PEMANFAATAN TEXT MINING PADA SISTEM PENGOLAHAN SKRIPSI MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES CLASSIFIER DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

Firna Sholihuda Sholihuda, Bambang Yuwono, Heru Cahya Rustamadji

Abstract


Tahapan awal skripsi adalah pengajuan proposal skripsi. Proposal skripsi akan diproses untuk menentukan dosen pembimbing, kemudian skripsi dapat dilanjutkan ke tahap penyusunan. Saat ini pengolahan skripsi menggunakan cara manual, dari penentuan dosen pembimbing hingga pengumpulan laporan akhir. Koordinator Skripsi juga harus mencocokkan data proposal dengan data dosen pembimbing secara manual. Maka, penggunaan Sistem Informasi dapat membantu menentukan dosen pembimbing dan sebagai layanan skripsi. Langkah awal dalam menentukan dosen pembimbing adalah mengetahui tema dan konsentrasi proposal skripsi. Untuk mengetahui tema dan konsentrasi proposal dilakukan analisis isi proposal menggunakan metode Text Mining. Text Mining bekerja dengan cara preprocessing menggunakan tokenizing, filtering, dan stemming untuk mendapatkan kata dasar dari setiap kata dalam setiap kalimat. Kemudian melakukan klasifikasi dokumen proposal sesuai dengan tema dan konsentrasi menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier berdasarkan hasil preprocessing. Tema dan konsentrasi merupakan salah satu kriteria penentukan dosen pembimbing menggunakan algoritma Simple Additive Weighting untuk dilakukan perangkingan pembobotan setiap dosen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, proses penentuan tema dan konsentrasi dari proposal skripsi mahasiswa dapat membantu dalam melakukan klasifikasi dokumen dengan tingkat akurasi mencapai 78%. Pembobotan dosen pembimbing proposal skripsi sesuai dengan kriteria menunjukkan hasil dengan nilai perangkingan yang beragam sesuai dengan bobot kriteria setiap dosen pembimbing.


Keywords


Text Mining, Tokenizing, Filltering, Stemming, Naïve Bayes Classifier, Simple Additive Weighting

Full Text:

PDF

References


Agusta, L. 2009. Perbandingan Algoritma Stemming Porter Dengan Algoritma Nazief dan Adriani Untuk Stemming Dokumen Teks Bahasa Indonesia. Konferensi Nasional Sistem dan Informatika 2009.

Anggraeni, E. Y. 2017. Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Dosen Pembimbing Skripsi Di Stmik Pringsewu. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 5, pp. 8–11.

Ariadi, D., & Fithriasari, K. (2015). Klasifikasi Berita Indonesia Menggunakan Metode Naive

Bayesian Classification dan Support Vector Machine dengan Confix Stripping Stemmer.

Efendi, Z., & Mustakim, M. 2017. Text Mining Classification Sebagai Rekomendasi Dosen Pembimbing Tugas Akhir Program Studi Sistem Informasi. In Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri pp. 235–242.

Handayani, F., & Pribadi, F. S. (2015). Implementasi Algoritma Naive Bayes Classifier dalam Pengklasifikasian Teks Otomatis Pengaduan dan Pelaporan Masyarakat melalui Layanan Call Center 110. Jurnal Teknik Elektro, 7.

Henry, W. 2009. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Beasiswa Bank BRI Menggunakan FMADM (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Tehnologi Industry Universitas Islam Indonesia).

Hermanto, A. (2016). Implementasi Text Mining Menggunakan Naive Bayes Untuk Penentuan Kategori Tugas Akhir Mahasiswa Berdasarkan Abstraksinya. Teknik Informatika Universitas 17 Agustus Surabaya 1945.

Hidayatullah, A. F., & Ma’arif, M. R. (2016). Penerapan Text Mining dalam Klasifikasi Judul Skripsi. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi).

Kurniawan, B., Effendi, S., & Salim Sitompul, O. 2012. Klasifikasi Konten Berita Dengan Metode Text Mining.

Laengge, I., Wowor, H. F., & Putro, M. D. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Dosen Pembimbing Skripsi. Jurnal Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi, 9(1).

Queenson, J., Klaru, S., & Rachmansyah, R. (n.d.). Rancang Bangun Aplikasi Klasifikasi Tema Skripsi Berdasarkan Abstrak Menggunakan Knuth Morris Pratt dan Naïve Bayes Classifier.




DOI: https://doi.org/10.31315/telematika.v1i1.3379

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/telematika.v1i1.3379.g2564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of :
TELEMATIKA: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi
ISSN 1829-667X (print); ISSN 2460-9021 (online)


Dipublikasi oleh
Jurusan Teknik Informatika, UPN Veteran Yogyakarta
Jl. Babarsari 2 Yogyakarta 55281 (Kampus Unit II)
Telp: +62 274 485786
email: jurnaltelematika@upnyk.ac.id

 

Jurnal Telematika sudah diindeks oleh beberapa lembaga berikut:
 

 

 

 

 

Status Kunjungan Jurnal Telematika