Pembuatan Sistem Administrasi Tugas Akhir Berbasis Teknologi Informasi pada Program Studi S1 Teknik Kimia UPN “Veteran” Yogyakarta

Aditya Kurniawan

Abstract


Pelayanan administrasi tugas akhir di prodi S1 teknik kimia selama ini masih secara manual. Hal ini menimbulkan beberapa masalah seperti ketidakpraktisan dan kendala dalam pengarsipan data. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibuatlah suatu sistem administrasi tugas berbasis teknologi informasi. Sistem administrasi ini melibatkan semua pengguna yang berkepentingan seperti: mahasiswa, dosen pembimbing, dosen wali, koordinator tugas akhir, hingga pengurus jurusan. Hal ini agar manfaat sistem administrasi ini dapat dimanfaatkan secara luas. Sistem administrasi dibuat dalam bentuk aplikasi berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP yang dibangun dengan framework Laravel dan database MySQL. Sistem administrasi yang dibangun telah sesuai dengan rancangan awal. Namun dalam pengujian masih memerlukan beberapa perbaikan untuk implementasinya.


Keywords


sistem administrasi tugas akhir; PHP; Laravel; MySQL

Full Text:

PDF

References


Al-Fedaghi, S. (2011). Developing Web Applications. International Journal of Software Engineering and Its Applications.

Hidayati, N., & Hadi, S. (2017). ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DAN KEUANGAN ONLINE PADA PERGURUAN TINGGI. SINTAK.

Jannah, E. N., Bayturrohman, D. K., & Kurniawan, E. (2017). Pengembangan Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Android Dilengkapi dengan Fitur Push Notification. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI).

Kadir, A., & Triwahyuni, T. C. (2013). Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Musmini, L. S., & Kertiasih, N. K. (2016). Sistem Administrasi Akademik Jurusan D3 Akuntansi Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK).

Nugroho, B., & Putra, A. B. (2016). SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN ADMINISTRASI TUGAS AKHIR DI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UPN ”VETERAN” JAWA TIMUR. Jurnal Sistem Informasi Dan Bisnis Cerdas (SIBC), 9(1), 25-34.

Raafi’Udin, R. D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Tracerstudy Menggunakan Aplikasi Open Source Di Universitas. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer).

Rendro Prasetyo, I. I. (2010). Perancangan Sistem Informasi Tugas Akhir dan Kerja Praktek di Jurusan Teknik Industri UNS. Performa, 9(1), 55-63.

Setiawan, R., & Nurfadilah, Y. (2016). Pengembangan Aplikasi Pengendalian Tugas Akhir Berbasis Web Sisi Mahasiswa, Dosen, dan Staff USI. Algoritma, 34-40.

Solichin, A. (2016). Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Penerbit Budi Luhur.

Sukamto, T. S., Nugroho, L. E., & Winarno, W. W. (2016). Desain Sistem Informasi Akreditasi Program Studi Berbasis Website di Indonesia. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Susilo, P., & Rohman, M. (2019). ). Efektivitas Sistem Pembelajaran Online sebagai Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Web di Era Milenial. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF).

Taftayani, M. B., Gumilang, S. F., & Lubis, M. (2019). Perancangan Aplikasi Pendidikan Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel Dan Framework Css Materialize Pada Startup Sinau Yo. eProceedings of Engineering.




DOI: https://doi.org/10.31315/telematika.v17i1.3391

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/telematika.v17i1.3391.g2572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of :
TELEMATIKA: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi
ISSN 1829-667X (print); ISSN 2460-9021 (online)


Dipublikasi oleh
Jurusan Teknik Informatika, UPN Veteran Yogyakarta
Jl. Babarsari 2 Yogyakarta 55281 (Kampus Unit II)
Telp: +62 274 485786
email: jurnaltelematika@upnyk.ac.id

 

Jurnal Telematika sudah diindeks oleh beberapa lembaga berikut:
 

 

 

 

 

Status Kunjungan Jurnal Telematika