Jurnal Telematika

AUTHOR GUIDELINES & SUBMISSION

PANDUAN UNTUK PENULISAN DAN PENGAJUAN NASKAH

 

PENGAJUAN NASKAH SECARA ONLINE
Apabila Anda telah memiliki username dan password untuk Jurnal TELEMATIKA, silahkan Anda menuju halaman berikut ini: http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/telematika/login/signIn

Apabila Anda belum memiliki username dan password untuk Jurnal Telematika, silahkan Anda menuju halaman berikut ini http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/telematika/user/register


PANDUAN UNTUK PENULISAN
Semua naskah yang diajukan ke Jurnal TELEMATIKA harus ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Naskah yang telah diajukan ke Jurnal TELEMATIKA tidak diperkenankan dikirim dan dipublikasikan ke tempat lain.


1 Pedoman Umum Penulisan
Semua naskah dikirimkan kepada Editorial TELEMATIKA secara online dengan alamat portal: http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/telematika Jika penulis memiliki pertanyaan dan permasalahan terkait pengiriman naskah, penulis dapat menghubungi Editorial TELEMATIKA melalui email dengan alamat: emailjurnaltelematika@upnyk.ac.id

 

2. Format Penulisan
Penulisan naskah harus disesuaikan dengan format Jurnal TELEMATIKA. Format Jurnal TELEMATIKA dapat diunduh di alamat:

https://www.dropbox.com/s/0m20t0tvk51y2ge/template-telematika-2014-v1.2.doc?dl=0 

3. Peninjauan Naskah
Setiap naskah yang diterima Editorial TELEMATIKA ditinjau oleh setidaknya 2 reviewer. Keputusan naskah diterima/ revisi / ditolak menjadi wewenang penuh reviewer. Keputusan penerimaan / perlu revisi / penolakan naskah akan diberitahukan kepada penulis dalam waktu 3 bulan dari tanggal pengiriman naskah.   


4. Revisi Naskah
Bagi naskah yang direvisi, penulis harus memperhatikan jangka waktu revisi yang diberikan oleh Editorial TELEMATIKA. Revisi naskah yang telah melewati jangka waktu tidak akan diproses lebih lanjut.Revisi naskah dikirim kepada Editorial TELEMATIKA melalui alamat http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/telematika


PEDOMAN PENGAJUAN NASKAH SECARA ONLINE
Penulis harus terlebih dahulu terdaftar sebagai Penulis dan / atau ditawarkan sebagai Reviewer melalui alamat berikut: http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/telematika/user/register

Penulis harus mengisi keseluruhan isian dari form pendaftaran. Secara khusus, penulis diwajibkan mengisi isian yang diberi tanda pada form pendaftaran. Setelah isian pada form pendaftaran terisi, penulis dapat meng-klik pada tombol “REGISTER”  untuk dapat diproses lebih lanjut. Proses lebih lanjut adalah pengajuan naskah secara online. Untuk pengajuan naskah secara online, penulis meng-klik pada tombol “NASKAH BARU” . Dalam halaman muka pengajuan naskah baru, klik pada tombol bertulis “klik disini: untuk dapat pergi ke tahap 1 dari 5 tahap pengajuan”. Ke-5 tahap pengajuan naskah dapat dijelaskan sebagai berikut:

Langkah 1 - Mulai Submission: Pilih bagian yang sesuai dari jurnal, contoh , i.e. Original Research Articles, Review Article, or Short Communication. Pada langkah ini, penulis wajib memberi tanda cek pada bagian yang sesuai.

Langkah 2 - Meng-upload Submission: Untuk meng-upload naskah untuk jurnal TELEMATIKA, klik Browse pada Upload file dokumen naskah, kemudian klik tombol Upload.

Langkah 3 - Memasuki Metadata Submission: Pada langkah ini, metadata penulis harus dimasukkan. Setelah itu, judul naskah dan abstrak harus diupload dengan cara me-copy teks dan me-paste di kotak teks yang telah disediakan.

Langkah 4 - Upload File Tambahan: File Tambahan yang diminta harus di-upload. Upload file tambahan dilakukan dengan cara, sebagai berikut:  me-klik tombol Browse, pilih file, dan kemudian klik tombol Upload.

Langkah 5 - Mengkonfirmasi Submission: Penulis harus memeriksa naskah yang akan diserahkan kepada adminstrator TELEMATIKA. Untuk mengirimkan naskah ke Administrator TELEMATIKA, penulis men-klik tombol Finish Submission setelah dokumen itu benar. Penulis akan menerima pemberitahuan melalui email dan akan dapat melihat kemajuan pengajuan melalui proses editorial dengan login ke http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/telematika

Setelah penyerahan naskah, Penulis yang mengirimkan naskah akan mendapatkan email konfirmasi mengenai pengajuan. Penulis dapat melacak status pengajuan naskahnya dengan masuk ke antarmuka pengajuan online.

5. Biaya Pemrosesan Artikel

Jurnal Telematika tidak memungut biaya pendaftaran artikel (free submission fee) maupun penanganan/pemrosesan artikel (free handling charge). Apabila penulis ingin Mendapatkan Hardcopy dikenakan biaya penggantian cetak jurnal sebesar Rp. 100.000,-.. Semua pembaca artikel pada jurnal ini dapat membaca dan mengunduh secara penuh seluruh artikel tanpa biaya.



Creative Commons License
Telematika by http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/telematika/index/ is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC NC-BY-SA 4.0)
Status Kunjungan Jurnal Telematika