Maturity Level Analysis of Furniture MSME Business Processes in Yogyakarta

Authors

  • Azty Acbarrifha Nour Universitas Ahmad Dahlan
  • Mursid Wahyu Hananto Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31315/telematika.v21i3.13409

Keywords:

Business Process, Maturity Level, MSME, BPOMM

Abstract

Abstrak

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kematangan proses bisnis UMKM Furnitur di Yogyakarta berdasarkan pengukuran BPOMM.

Desain/metodologi/pendekatan: Penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara dengan pemilik UMKM mebel di Kota Yogyakarta. Hasil pengumpulan data kemudian dianalisis menjadi elemen pengukuran BPOMM.

Temuan/Hasil: Tingkat kematangan proses bisnis UMKM Furnitur di Yogyakarta dan saran perbaikan proses bisnis tersebut.

Orisinalitas/nilai/keadaan terkini: Penelitian ini menunjukkan tingkat kematangan proses bisnis UMKM Furnitur di Kota Yogyakarta berdasarkan pengukuran BPOMM beserta saran perbaikan proses bisnisnya.

Author Biography

Azty Acbarrifha Nour, Universitas Ahmad Dahlan

Sistem Informasi

References

E. Pudyastiwi and A. Djatmiko, “USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) INDONESIA DALAM MENGHADAPI PERDAGANGAN BEBAS DI ASEAN,” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, vol. 8, no. 2, pp. 138–156, Jun. 2020, doi: 10.23887/jpku.v8i2.25433.

D. A. Yani, S. Apriliani, S. A. Hilman, and P. R. Silalahi, “ANALISIS STRATEGI PEMBERDAYAAN UMKM DALAM MENGHADAPI PERDAGANGAN BEBAS KAWASAN ASEAN (STUDI KASUS KAMPUNG KERAWANG GAYO),” Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, vol. 2, no. 1, Art. no. 1, Jan. 2023, doi: 10.58192/sejahtera.v2i1.474.

W. Widayanto, “ANALISIS PROSES BISNIS USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KONVEKSI RYAN COLLECTION DI KABUPATAN KUDUS,” Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 24–30, Nov. 2017.

W. I. Kurnia, R. Kurnia, M. H. Tuankotta, and A. Kisanjani, “Implementasi Business Process Orientation Maturity Model (BPOMM) dalam Mengevaluasi Tingkat Kematangan Proses Bisnis UMKM,” Metode : Jurnal Teknik Industri, vol. 9, no. 2, Art. no. 2, Oct. 2023.

W. I. Kurnia, A. Kisanjani, and R. Kurnia, “Penilaian Tingkat Kematangan Proses Bisnis Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah: (Studi Kasus),” JST, vol. 10, no. 1, pp. 668–675, Jun. 2023, doi: 10.37859/jst.v10i1.4972.

N. C. Rosianti and E. R. Mahendrawathi, “Analisis tingkat kematangan proses bisnis dan kesiapan teknologi informasi studi kasus usaha garmen mikro, kecil, dan menengah di jawa timur,” Jurnal Teknik ITS, vol. 6, no. 2, pp. A251–A255, 2017.

F. Dewi and M. Er, “Business Process Maturity Level of MSMEs in East Java, Indonesia,” Procedia Computer Science, vol. 161, pp. 1098–1105, Jan. 2019, doi: 10.1016/j.procs.2019.11.221.

A. A. Garini and J. A. R. Hakim, “Penilaian Tingkat Kematangan Proses Bisnis Berbasis Enterprise Resource Planning: Studi Kasus: PT. XYZ,” vol. 6, no. 1, 2017.

A. Sobar, I. Permadi, A. Alhidayatullah, and E. Fathussyaadah, “PENINGKATAN KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN UMKM UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING,” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), vol. 7, no. 4, pp. 3782–3793, Aug. 2023, doi: 10.31764/jmm.v7i4.16383.

L. Maqnin and J. Susyanti, “Peningkatan Kualitas Layanan Melalui Business Process Management (BPM) dan Business Process Improvement (BPI) Di Sektor Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM),” MERDEKA : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 1, no. 6, Art. no. 6, Jul. 2024, doi: 10.62017/merdeka.v1i6.1948.

S. Siman, “Evaluasi Tingkat Kematangan Proses Bisnis Umkm Kuliner Kota Balikpapan; (Studi Kasus),” Jul. 2022, Accessed: Aug. 26, 2024. [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42379

R. U. Widyarini and M. Er, “Kerangka Konseptual Pengukuran Kematangan Orientasi Proses Bisnis dan Manfaatnya bagi Organisasi,” SISFO, vol. 10, no. 01, Art. no. 01, Dec. 2021.

Y. M. Maulana, “Tinjauan Naratif: Analisis dan Pemodelan Proses Bisnis sebagai Perbaikan Proses Bisnis pada Organisasi,” Jurnal Teknologi dan Informasi, vol. 13, no. 1, pp. 1–16, Feb. 2023, doi: 10.34010/jati.v13i1.9038.

P. R. INDONESIA, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah,” 2008, Accessed: Aug. 23, 2024. [Online]. Available: https://www.academia.edu/download/34886544/UU20Tahun2008UMKM.pdf

K. P. McCormack and W. C. Johnson, Business process orientation: Gaining the e-business competitive advantage. Crc Press, 2001. Accessed: Aug. 23, 2024. [Online]. Available: https://www.taylorfrancis.com/books/mono/10.4324/9780367815608/business-process-orientation-william-johnson-kevin-mccormack

P. Trkman, “Increasing process orientation with business process management: Critical practices’,” International journal of information management, vol. 33, no. 1, pp. 48–60, 2013.

G. Ongena and P. Ravesteyn, “Business process management maturity and performance: A multi group analysis of sectors and organization sizes,” Business Process Management Journal, vol. 26, no. 1, pp. 132–149, 2020.

Downloads

Published

2024-10-31