PENGARUH PENGEMBANGAN KARIER DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PERAWAT DAN BIDAN RUMAH SAKIT BAPTIS BATU)

William Rino Saputro

Abstract


Abstrak: Pengaruh Pengembangan Karier Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perawat Dan Bidan Rumah Sakit Baptis Batu).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengukur pengaruh pengembangan karier dan kompensasi terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan skala pengukuran yang sudah digunakan sebelumnya. Sampel penelitian ini adalah seluruh perawat dan bidan di Rumah Sakit Baptis Batu Indonesia yang berjumlah 115 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik sensus. Analisis data penelittian ini menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan karier memiliki pengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, kompensasi secara langsung memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan, serta pengembangan karier dan kompensasi berpengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Kontribusi penelitian ini untuk memperkuat teori dan hasil dari penelitian sebelumnya dan ilmu bagi dunia praktik yang terkait pengelolaan sumber daya manusia.


Abstract: The Effect of Career Development and Compensation on Employee Performance with Job Satisfaction as an Intervening Variable (Study on Nurses and Midwives at Batu Baptist Hospital) The purpose of this research is to analyze and measure the impact of career development and compensation on employee performance with job satisfaction as an intervening variable. This research is a quantitative research using measurement scales that have been used before. The sample of this study is all nurses and midwives at Indonesia Baptist Batu Hospital in total 115 persons. Sampling method using census technique. Analyze this research data using pat analysis. The results showed that career development had a positive and significant direct impact on employee performance, compensation directly had a non-significant impact on employee performance, and career development and compensation had a significant indirect effect on employee performance through job satisfaction as an intervening variable. The contribution of this research to strengthen the theory and results of previous research and science for the world of practice related to human resource management.

Keywords


pengembangan karier, kompensasi, kepuasan kerja; kinerja karyawan; rumah sakit; perawat;

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31315/be.v19i1.8069

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/be.v19i1.8069.g4725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 William Rino Saputro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.