Strategi Pemasaran Pada Rumah Produksi Kelorida Di Kabupaten Bantul Yogyakarta

Ondho Shinta Ulina Sijabat, Budiarto Budiarto, Heni Handri Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi dan menganalisis bauran pemasaran yang telah diterapkan (2) Menganalisis faktor eksternal dan internal (3) Menganalisis alternatif strategi dengan metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif sedangkan metode pelaksanaannya menggunakan studi kasus. Macam data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan pencatatan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis IE (Internal Eksternal) dan AHP (Analytic Hierarchy Process) untuk  memilih pengambilan keputusan strategi yang sesuai diterapkan pada Rumah Produksi Kelorida. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan analisis melalui bauran pemasaran 4P Rumah Produksi Kelorida telah menjalankan kegiatan pemasaran dengan keseluruhan parameter yang dijalankan diantaranya produk (variasi, kualitas, kemasan), harga (diskon, efisiensi harga dan variasi harga), promosi (pameran, media sosial, dan hubungan masyarakat), tempat (pendistribusian, aksesibilitas dan informasi lokasi). (2) Berdasarkan hasil analisis menggunakan Matriks IE (Internal- External) terhadap faktor internal dan eksternal Rumah Produksi Kelorida, maka diperoleh posisi usaha Rumah Produksi Kelorida yaitu posisi tumbuh dan membangun. (3) Berdasarkan hasil dari AHP (Analytic Hierarchy Process), prioritas utama strategi pemasaran yang diterapkan Rumah Produksi Kelorida adalah strategi pengembangan produk.

Kata Kunci: AHP, eksternal, internal, strategi pemasaran, bauran


Full Text:

PDF

References


Amanah, Dita. (2010). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasaan Konsumen Pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang H.M Yamin Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 2 (1), 71-87.

Astawan, M, dan T. Wresdiyati. (2004). Diet Sehat dengan Makanan

Berserat.Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

BPS. (2021). https://www.bps.go.id/publication/2016/11/30/63daa471092bb2cb

c1fada6/profil-penduduk-indonesia-hasil-supas-2019.html, diakses 13 Januari 2021.

David, Fred. (2011). Manajemen Strategis: Konsep. Jakarta: Salemba Empat

Kotler, K. (2009). Manajemen Pemasaran 1. Edisi Ketigabelas. Jakarta: Erlangga.

Yusuf, Muhammad & Miah Said. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV. Sah Media.

Rachmawati, Rina. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2 (2), 143-150.

Supranto, J. (2003). Metode Riset Aplikasi Dalam Pemasaran. Edisi Revisi Ketujuh.Yogyakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Tjiptono, Fandy. (2000). Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.

Utami, Hesty Nurul dan Iqbal Fauzi. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica, 2 (1), 136-146.

Wildhy, Ersad Al dan Mulia Andirfa. (2018). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Ima Monaz Sejahtera Lhokseumawe. Jurnal Akuntansi dan Pembangunan, 4 (1), 11-18.




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v22i1.5373

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v22i1.5373.g3801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.