Program Kampung Empon-Empon Di Dusun Ngalian Desa Widodomartani Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman

Nurul Hasanah, Teguh Kismantoroadji, Siti Hamidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji dimensi partisipasi masyarakat (2) mengkaji unsur partisipasi masyarakat (3) mengkaji bentuk partisipasi masyarakat dalam Program Kampung Empon-Empon di Dusun Ngalian Desa Widodomartani Kecamatan Ngemplak kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik penentuan informan yaitu purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah Ketua, Wakil Ketua, Bendahara, Penasehat, Seksi Humas Saran dan SDA serta pengurus demplot RT 04 Kampung Empon-Empon. Sumber Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yaitu dengan mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini (1) Dimensi Partisipasi pada Program Kampung Empon-Empon meliputi pembuatan keputusan, pelaksanaan, pemanfaatan hasil, serta monitoring dan evaluasi (2) Unsur partisipasi pada Program Kampung Empon-Empon yaitu telah berada di tahap tanggung jawab. Masyarakat merasa memiliki Program Kampung Empon-Empon sehingga masyarakat merasa punya tanggung jawab untuk membantu melancarkan program (3) Bentuk partisipasi masyarakat pada Program Kampung Empon-Empon yaitu memberikan ide dan pengetahuan, gotong royong, membantu dalam sarana prasarana, dan mengikuti pertemuan.

 

Kata kunci: partisipasi masyarakat, dimensi partisipasi, unsur partisipasi, program kampung empon-empon, bentuk partisipasi


Full Text:

PDF

References


Anggarani, Mirwa. (2019). Penerapan Teknologi Produksi Simplisia Empon-Empon, Kelompok Tani Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Jurnal Abdi 5 (1) : 1-5.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Amalia, Nikita. (2018). Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata Serta Dampaknya Terhadap Perekonomian Warga di Desa Tulungrejo Kota Batu. Jurnal Administrasi Bisnis 61 (3) : 48-56.

Deviyanti, Dea. (2013). Studi tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan di Kelurahan Karang Jati Kecamatan Balikpapan Tengah. eJurnal Administrasi Negara 1 (2) : 380-394.

Fadil, Fathurrahman. (2013). Partisipasi Masyarakat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kelurahan Kotabaru Tengah. Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan Lokal. 2 (2) : 251-262.

Hakim, Lukmanul. (2017). Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa Sukamerta Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang. Jurnal Politikom Indosiana 2 (2) : 43-53.

Natasya, Shahnaz. (2016). Partisipasi Masyarakat dalam Program Pemberdayan (Studi Kasus Kegiatan Pembuatan Pupuk Organic di Desa Blagung, Boyolali). Skripsi. Pendidikan Nonformal. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Okparizan. (2019). Kapasitas Organisasi dalam Pengembangan Pariwisata Desa: Stusi Kasus Desa Wisata Kabupaten Bintan. Jurnal Penelitian Sosial dan Politik 8 (1) : 9-16.

Setyaningsih, Kartika. (2019). Kajian Potensi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Wisata di Desa Panggang Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten. Tesis. Program Studi Kajian Pariwisata. Sekolah Pascasarjana. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23th ed.). Bandung: Alfabeta.

Suminah. (2017). Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Empon-Empon di Desa Miri Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri. Jurnal Prosding Seminar Nasional. Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Solo.

Wahyuni, Dinar. (2019). Pengembangan Desa Wisata Pentingsari, Kabupaten Sleman dalam Perspektif Partisipasi Masyarakat. Jurnal Masalah-Masalah Sosial 10 (2) : 91-106.




DOI: https://doi.org/10.31315/jdse.v22i1.5375

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jdse.v22i1.5375.g3799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


 


Creative Commons License
Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.