Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadap Loyalitas Merek Serta Implikasinya pada Minat Beli Ulang

Giovanni Rizky F.A. Rizky F.A., Susanta Susanta, Sadeli Sadeli

Abstract


Peneltian ini dilakukan untuk megetahui pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadap Loyalitas Merek serta Implikasinya pada Minat Beli Ulang konsumen Gerai Gudang Digital Yogyakarta dangan sampel 69 responden yang diambil dengan purposive sampling karena anggota populasi tak terhingga. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis  SEM - PLS. Hasil penelitian menunjukkan kesadaran merek maupun citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek. kesadaran merek maupun citra merek juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. demikian pula dengan loyalitas merek yang juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Kesadaran Merek berpengaruh tidak langsung secara positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang melalui Loyalitas Merek, dan  Citra Merek berpengaruh tidak langsung secara positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang melalui Loyalitas Merek. Selanjutnya Gerai Gudang Digital Yogyakarta harus mampu mempertahankan dan meningkatkan stimulus yang digunakan dalam mendorong minat berperilaku konsumen dengan cara melakukan inovasi serta menggali potensi kelebihan yang dimiliki.

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. 2011. Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai dari Suatu Merek. Alih Bahasa oleh Aris Ananda. Jakarta: Spektrum Mitra Utama.

Bastian, Danny Alexander. 2014. Analisa Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol. 2, No. 1, p 1-9.

Caroline Olivia dan Ritzky Karina M.R. Brahmana. 2018. Pengaruh Brand Image terhadap Brand Loyalty melalui Brand Satisfaction pada Merek Imaparts. Jurnal AGORA. Vol. 6, No. 1, p 1-6.

Durianto, Darmadi., Sugiarto., dan Tony Sitinjak. 2001. Strategi Menaklukan Pasar melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Eliasari, Putu Ratih Arta dan Sukaatmadja, I Gde Putu. 2017. Pengaruh Brand Awareness terhadap Purchase Intention Dimediasi oleh Perceived Quality dan Brand Loyalty. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 6, No. 12, p 6620-6650.

Fadilah, Firda dan Hartiwi Prabowo. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya terhadap Minat Beli Ulang pada PT Diva Karaoke. Journal and Proceeding FEB. Vol. 4, No. 1, p 216-227.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam dan Hengky Latan 2015. Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill. 2003. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan Edisi Kesatu. Yogyakarta: Center For Academic Publishing Service (CAPS).

Huang, Ling-Chuan., Ming Gao, dan Ping-Fu Hsu. 2019. “A Study on the Effect of Brand Image on Perceived Value and Repurchase Intention in Ecotourism Industry. Ekoloji Journal Foundation Environmental Protection & Research-FEPR. Vol. 28, No. 107, p 283-287.

Jing, Zhang., Chatchai Pitsaphol, dan Rizwan Shabbir. 2014. The Influence of Brand Awareness, Brand Image, and Perceived Quality on Brand Loyalty: A Case Study of Oppo Brand in Thailand. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business. Vol. 5, No. 12, p 10-21.

Kartajaya, Hermawan., Yuswohady, Jacky Mussry, dan Taufik. 2007. Memenangkan Persaingan dengan Segitiga Positioning, Diferensiasi, dan Brand. Bandung: Mizan Pustaka.

Keegan, Warren J. dan Mark C. Green. 2008. Global Marketing. London: Pearson Prentice Hall.

Keller, Kevin Lane. 2003. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Indeks.




DOI: https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v21i2.12714

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v21i2.12714.g6355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Administrasi Bisnis (JABis)

Published: UPN Veteran Yogyakarta
Managed by: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
Address: Jl. Babarsari No 2 Tambakbayan, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman Yogyakarta 55281
E-mail: jabis@upnyk.ac.id
View My Stats
 
Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis (JABis) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. (CC - BY - SA 4.0).