Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Ilmiah Lingkungan Kebumian?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK BAGI PENULIS

Ketentuan Umum: Naskah yang dikirim ke “Jurnal Lingkungan Kebumian” Teknik Lingkungan, Fakultas Teknologi Mineral, Universitas Pembangunan “Veteran” Yogyakarta adalah karya asli dan belum pernah diterbitkan sebelumnya, serta hanya dikirim khusus untuk jurnal ini. Semua naskah yang dikirim akan ditinjau ulang oleh mitra bestari dan atau dewan redaksi. Naskah yang tidak dimuat tidak dikembalikan.

Bahasa: Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau dalam Bahasa Inggris

Format: Naskah diketik menggunakan Microsoft Word, huruf Times New Roman 12 dan satu spasi dalam 1 kolom dengan menggunakan kertas ukuran A4. Margin atas dan bawah 2,5 cm. Margin samping kiri 2,5 cm dan samping kanan 1,5 cm. Panjang naskah keseluruhan antara 10-15 halaman. Naskah dikirim dalam bentuk cetakan hitam putih dan disertai softcopy.

Organisasi Naskah: Naskah disusun dengan urutan Intisari, Abstrak, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, Daftar Pustaka dan Lampiran.

Intisari/ Abstrak
1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
1.2. Tujuan
2. Metode
3. Hasil dan Pembahasan
4. Kesimpulan dan Saran
Daftar Pustaka
Lampiran

Judul dan Penulis: Judul dibuat pendek dan tidak lebih dari 2 baris (maksimum 40 huruf) dan harus mencerminkan isi naskah. Nama penulis, alamat institusi (email dan no. telepon dicantumkan di bawah judul).

Abstrak dan Kata Kunci: Abstrak terdiri dari 200 kata dalam tiga paragraf, berisi intisari tulisan secara menyeluruh. Paragraf pertama berisi Latar belakang, Lokasi dan Tujuan, paragraf kedua berisi Metode, dan paragraf ketiga berisi Hasil. Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan intisari dalam Bahasa Indonesia dan serta dilengkapi Kata kunci (3-5) kata di bawahnya. Abstrak dan Kata kunci diketik dengan huruf Times New Roman ukuran 8 dan satu spasi.

Tabel: Tabel diketik dan diberi nomor. Judul tabel dan keterangan yang diperlukan ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Inggris dengan singkat dan jelas. Penggunaan tanda koma (,) dan titik (.) pada angka di dalam tabel masing-masing menunjukkan nilai pecahan/ desimal dan kebulatan seribu.

Gambar grafis: Grafis dan ilustrasi lain yang berupa gambar grafis harus diberi nomor, judul dan keterangan yang jelas dalam Bahasa Indonesia atau Inggris. Ukuran gambar sebesar 150 dpi. Gambar dan teks pada gambar harus dapat terbaca jika dicetak.

Foto: Foto harus mempunyai ketajaman yang baik, diberi judul dan keterangan seperti pada gambar. Ukuran foto 5x9 cm.

Peta: Peta ditampilkan satu halaman penuh, kertas ukuran A4

Daftar Pustaka: Daftar Pustaka yang dirujuk harus disusun menurut abjad nama pengarang dengan mencantumkan tahun penerbitan seperti contoh berikut:

Jurnal:
Walling, D.E. 1983. The sediment delivery problem, Journal of Hydrology 65 (1), p.209-237

Buku:
Diessel C.F.K. 1992, Coal bearing depositional systems, Springer-Verlag Berlin Heidenberg, 721 p.

Prosiding:
Yohannes PK, Nahrowi TY, Sabardi MS, 1995. Sequencestratigraphy concept applied to the Middle Miocene to Pliocene outcrops in The North Java Basin, Indonesia, Proceeding of The International Symposium on Sequence Stratigraphy in SE. Asia, IPA, Jakarta, 12-14 Sep 1995, p. 331-344

Skripsi/ Tesis/ Disertasi:
Siti Umiyatun Choiriah, 2000, Interpretasi paleotemperatur berdasarkan nannoplankton gaampingan, lintasan S. Bengawan Solo, Ngawi. (Tesis). Bandung: Teknik Geologi, FIKTM Institut Teknologi bandung

Informasi dari Internet:
Hansen L. 1999, Non-target effect of Bt corn pollen on the Moarch Butterfly, http://www.ens.iastat.edu/neb/d8l.html. (21 Agustus 1999)

Lampiran: Lampiran disertakan pada bagian akhir tulisan. Lampiran dapat berupa Peta, Hasil perhitungan, Diagram, dan Tabel.

 

Copyright Notice

Jurnal ini menggunakan lisensi