Pengaruh Gambar dan Profil Instagram Terasrumahmu terhadap Kesadaran Merek
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas Instagram dengan kesadaran merek. Terdapat dua dimensi dalam kualitas Instagram yakni kualitas konten pesan dan kredibilitas endorser. Penelitian ini menguji Model Pemindahan Makna. Metode penelitian ini menggunakan eksplanatif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data survei. Sampel yang digunakan oleh peneliti berjumlah 201 responden yang berasal dari pengunjung café English Ivy Coffee. Hasil penelitian ini menunjukkan jika Terasrumahmu telah berhasil melakukan komunikasi pemasaran melalui Instagram. Kualitas konten pesan memiliki hubungan paling kuat dengan kesadaran merek di mana kualitas konten pesan memiliki korelasi 0,614 sedangkan kredibilitas endorser 0,557. Hasil ini menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara kualitas Instagram dengan kesadaran merek di kalangan pengguna Instagram Terasrumahmu di kafe English Ivy Coffee. Karakteristik konsumen seperti usia dan jenis kelamin juga perlu diperhatikan di mana usia memiliki korelasi 0,737 sedangkan jenis kelamin laki-laki 0,755 dan jenis kelamin perempuan 0,615 yang berarti aspek karakteristik konsumen laki-laki memberi pengaruh paling kuat pada hubungan antara kualitas Instagram dengan kesadaran merek. Kontribusi penelitian ini berupa perlunya penambahan variabel ketajaman warna foto dan profil yang informatif sehingga responden mampu mengenali dan mengingat produk agar top of mind.
Keywords
Full Text:
PDF (INDONESIAN)References
Arniawati, A., Sutrisno, I., & Rochayanti, C. (2015). Kajian Komunikasi Pemasaran Badan Pengelola Desa Wisata Bobung dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(1), 96-108. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/1452
Bell, E. (2012). How the Popularity of a Sport Affects the Use of Atheletes in Print Advertisement: A Content Analysis Using the Meaning Transfer Model. Thesis. US: University of South Alabama.
Destriyani, R., Fatonah, S., & Sutrisno, I. (2019). Effective Promotion Strategies of Javafood in Attracting Instagram Audience. The Indonesian Journal of Communication Studies, 12(1), 28-39. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/ijcs/article/view/2996
Dewi, W. W. A., & Avicenna, F. (2019). Social Media Marketing: Consumer Behavior on The Cruelty Free Concern of Beauty Brand. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 95-106. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2379
Durianto. (2001). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Fauzi, V. P., & Lubis, E. E. (2016). Pemanfaatan Instagram sebagai Social Media Marketing Er-corner Boutique dalam Membangun Brand Awareness di Kota Pekanbaru. JOM FISIP, 3(1), 1-15. Diakses dari https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/9366
Jamieson dan Fill. (2014). Marketing Communication. UK: Edinburgh Business School.
Kotler P. (2012). Marketing Management. Pearson Education International.
Later & HubSpot. (2018). Instagram for Business in 2018. Using Instagram Stories, Carousels, Ads, Influencers, and More!. Cambridge, Massachusetts: Later & HubSpot.
Lynn, R., & Irwing, P. (2002). Sex Differences in General Knowledge, Semantic Memory and Reasoning Ability. British Journal of Psyhology, 93(4), 545-556. https://doi.org/10.1348/000712602761381394
Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu Imprint Gelar Semesta Aksara.
Miller & Allen (2012). How Does Celebrity Meaning Transfer? Investigating the Process of Meaning Transfer with Celebrity Affiliates and Mature Brands. Journal of Consumer Psychology, 22(3), 443-452. https://doi.org/10.1016/j.jcps.2011.11.001.
Nugraha, Y. A., & Wahid, U. (2018). New Wave Marketing dalam Membangun Brand Equity di Era Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(2), 158-171. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/3005/2418
Nummila, Mia. (2015). Successful Social Media Marketing on Instagram Case: @minoshoes. Thesis. Finland: Haaga-Helia University of Applied Science
O'Keefe, D.J. (2016). Persuasion and Social Influence. In The International Encyclopedia of Communication Theory and Philosophy (eds K.B. Jensen, E.W. Rothenbuhler, J.D. Pooley and R.T. Craig). doi:10.1002/9781118766804.wbiect067
Pattra, S., & Datta, S. K. (2014). Competence of Bollywood Celebrities in Generating Brand Recall in Kolkata. In Vrontis, D and Weber, Y and Tsoukatos, E (Ed), Future of Entrepreneurship. 1422-1439. Euromed Press.
Pertiwi, W. K. (2018). Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesia. Diambil 25 April 2019, dari https://tekno.kompas.com/read/2018/03/01/10340027/riset-ungkap-pola-pemakaian-medsos-orang-indonesia
Putri. (2018). Strategi Promosi Instagram Paling Hits Tahun 2018 Bagi Para Starup. Retrieved from https://digitalentrepreneur.id/strategi-promosi-instagram/
Rastati, R. (2018). Media Literasi Bagi Digital Natives: Perspektif Generasi Z di Jakarta. Jurnal Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 60-73. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v6i1.72
Roy, S., Jain & Rana, P. (2013). The Moderating Role of Consumer Personality and Source Credibility in Celebrity Endorsement. Asia-Pacific Journal of Business Administration, 5(1), 72-88. https://doi.org/10.1108/17574321311304549.
Sa’diya, L. (2017). Strategi Promosi di Media Sosial Instagram terhadap Kesadadaran Merek di Era Generasi Z. Competence: Journal of Management Studies, 11(2), 186-195. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v11i2.3530
Seiter & Gass. (2003). Perspective on Persuasion, Social Influence, and Compliance Gaining. Cancer Research. Retrieved from http://psychology.uchicago.edu/people/faculty/cacioppo/jtcreprints/prbc04.pdf
Sertoglu, A. E., Cath, O., & Korkmaz, S. (2014). Examining the Effect of Endorser Credibility on the Consumer’s Buying Intentions: An Empirical Study in Turkey. International Review of Management and Marketing, 4(1), 66-77. Diakses dari https://www.econjournals.com/index.php/irmm/article/view/666
Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Silalahi. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: PT Refika Aditama.
Sjöberg, A. (2017). Influencing Brand Awareness through Social Media. Thesis International Business Management. Arcada, 1-82.
Stephanie, E. (2013). Pengaruh Kredibilitas Endorser Terhadap Minat Beli Melalui Sikap Atas Iklan Pada Produk Shampo L’oreal Di Surabaya. CALYPTRA, 2(2), 1 - 21. Diakses dari https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/714
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: ALFABETA.
Yudhiartika, D., & Haryanto, J. O. (2012). Pengaruh Personal Selling, Display, Promosi Penjualan terhadap Kesadaran Merek dan Intensi Membeli pada Produk Kecantikan Pond’s. Buletin Studi Ekonomi, 17(2), 142-156. Diakses dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/bse/article/view/2187
DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v18i1.3227
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi
Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:
Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)
Alamat:
Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268
Fax: (0274)487147
Email: jik@upnyk.ac.id