Nilai-Tanda sebagai Jantung Makna Relasi Konsumen dan Merek

Authors

  • Bambang Sukma Wijaya Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Bakrie
  • Faruk Tripoli Media and Cultural Studies, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
  • Hermin Indah Wahyuni Department of Communication, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31315/jik.v17i2.3699

Keywords:

Relasi Konsumen dan Merek, Kajian-Kajian Budaya, Nilai-Tanda, Dimensi Simbolik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas konstelasi pembentukan relasi konsumen dan merek dalam dimensi simbolik. Metode yang digunakan adalah reflektivitas dan kajian literatur mendalam untuk mengonstruk teori merek Lury dan nilai-tanda Baudrillard atau konsep berkaitan dengan konteks isu yang dibahas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relasi konsumen dan merek terbentuk melalui proses penandaan (signifikansi). Merek merupakan institusi nilai-tanda yang menstimuli produksi dan konsumsi makna-makna simbolik oleh konsumen yang secara hasrati menciptakan berbagai kesenangan simbolik. Makna merek sering digunakan sebagai simbol gaya hidup tertentu, simbol kesuksesan, simbol kejantanan, simbol kepedulian sosial, simbol kekerenan dalam pergaulan, simbol percaya diri, simbol prestise, dan makna-makna simbolik lain. Merek menjadi obyek kenyamanan dan kesenangan individual yang secara terus-menerus direproduksi oleh konsumen melalui berbagai akrobat makna yang dikonstruknya. Penelitian ini juga menunjukkan relasi konsumen dan merek berkelindan dalam ruang-ruang simbolik perseptual konsumen melalui kekuasaan nilai-tanda yang terartikulasikan dalam berbagai kharisma. Nilai-tanda hadir untuk mengalienasi subyek dari obyek riil dan membiak di tataran pemaknaan konsumen. Kajian ini memberi implikasi bagi pengembangan teori komunikasi merek dari perspektif kajian-kajian budaya.

References

Aaker, J. & Fournier, S. (1995). A Brand as a Character, a Partner and a Person: Three Perspectives on the Question of Brand Personality. Advances in Consumer Research, 22(1), 391–405.

Anugrah, A. (2015). Fudji Wong, Pemilik Hak Eksklusif 'Mendoan' Siap Bertemu Bupati Banyumas. Retrieved at November 5, 2015, from http://news.detik.com/berita/3062677/fudji-wong-pemilik-hak-eksklusif-mendoan-siap-bertemu-bupati-banyum

Arvidsson, A. (2005). Brands: A Critical Perspective. Journal of Consumer Culture, 5(2), 235-258.

Arvidsson, A. (2006). Brands: Meaning and Value in Media Culture. NY: Routledge.

Askegaard, S. (2006). Brand as a Global Ideoscape. Dalam J. E. Schroeder & M. Salzer-Morling (eds). Brand Culture. London: Routledge, hal. 91-102.

Baudrillard, J. (1994). Simulacra and Simulation. Ann Arbor: University of Michigan Press

Baudrillard, J. (1996). The System of Objects, penerj: J. Benedict. London: Verso

Baudrillard, J. (1998). Consumer Society: The Myths and Structures. London: Sage

Bourdieu, P. (1984). Distinction: A Social Critique of the Judgement of Taste. London: Routledge.

Brexendorf, T. O. & Kernstock, J. 2007. Corporate Behavior vs Brand Behavior: Towards An Integrated View?. Journal of Brand Management, 15(1), 32-40.

Deleuze, G. & Guattari, F. (1994). What is Philosophy? Penerj. H. Tomlinson & G. Burchell. NY: Columbia University Press

Faurholt-Csaba, F. & Bengtsson, A. (2006). Rethinking Identity in Brand Management. Dalam J. E. Schroeder & M. Salzer-Morling (eds), Brand Culture. London: Routledge, 118-135.

Foucault, M. (1995). Discipline and Punish: The Birth of the Prison. Terj. Alan Sheridan. NY: Vintage Books.

Giovanis, A. N. & Athanasopoulou, P. (2018). Consumer-brand relationships and brand loyalty in technology-mediated services. Journal of Retailing and Consumer Services, 40, 287-294. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2017.03.003

Golash-Boza, T. (2015). Writing a Literature Review: Six Steps to Get You from Start to Finish. Wiley Network.

Gómez-Suárez, M, Martínez-Ruiz, M. P. & Martínez-Caraballo, N. (2017). Consumer-Brand Relationships under the Marketing 3.0 Paradigm: A Literature Review. Front Psychol, 8, 252. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.00252

Grassl, W. (1999). The Reality of Brands: Towards an Ontology of Marketing. American Journal of Economics and Sociology, 58(2), 313-359.

Jameson, F. (1991). Postmodernism, or, The Cultural Logic of Late Capitalism. London: Verso.

Kapferer, J. N. (2004). Strategic Brand Management: Creating and Sustaining Brand Equity Long Term. London: Kogan Page

Khamitov, M., Wang, X. & Matthew Thomson, M. (2019). How Well Do Consumer-Brand Relationships Drive Customer Brand Loyalty? Generalizations from a Meta-Analysis of Brand Relationship Elasticities. Journal of Consumer Research, 46(3), 435–459, https://doi.org/10.1093/jcr/ucz006

Klein, N. (2001). No Logo. London: Flamingo.

Kornberger, M. (2010). Brand Society: How Brands Transform Management and Lifestyle. Cambridge: Cambridge University Press

Lury, C. (2004). Brands: The Logos of the Global Economy. London: Routledge.

Manovich, L. (2001). The Language of New Media. Cambridge: MIT Press.

Ricoeur, P. (1977). The Rule of Methapor: The Creation of Meaning in Language. Toronto: University of Toronto Press.

Schroeder, J. E. (2009). The Cultural Codes of Branding. Marketing Theory, 9(1), hal. 123-126.

Supriatin. (2015). Kisruh Merek Dagang Mendoan. Retrieved at November 6, 2015, from http://www.merdeka.com/peristiwa/kisruh-merek-dagang-mendoan-splitnews-3.html

Wijaya, B. S. (2013). Dimensions of Brand Image: A Conceptual Review from the Perspective of Brand Communication. European Journal of Business and Management, 5(31), 55-65.

Wijaya, B. S. (2015). Desire and Pleasure in the Branded Reality Show as a Discursive Psychoanalysis. Humaniora, 27(1), 27-41.

Zizek, S. (1997). The Plague of Fantasies. New York: Verso

Published

2020-09-02

Issue

Section

Artikel