Sinergitas Marketing dan Promotional Mix dalam Konsep Sustainable Tourism sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran

Nabila Diandra Putri, Kartika Ayu Ardhanariswari

Abstract


Seiring meningkatnya jumlah wisatawan dan destinasi wisata, Pemerintah melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman berupaya meningkatkan sarana dan prasaran yang menunjang kegiatan pariwisata. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan pengelola Desa Wisata Pulewelung dalam menerapkan konsep komunikasi pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi pemasaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa Desa Wisata Pulewulung dalam strategi pemasarannya menggunakan konsep marketing mix dalam 4P yaitu Product, Price, Place, dan Promotion. Kegiatan promosi didukung dengan promotion mix atau bauran promosi, namun pengelola hanya menggunakan tiga dari lima strategi promosi yaitu direct marketing, public relations dan publisitas, serta periklanan. Desa Wisata Pulewulung dalam strategi pemasaran menerapkan beberapa kegiatan komunikasi pariwisata dan kegiatan pemasarannya dilakukan oleh pengelola yang masih berusia remaja. Pengelolaan Desa Wisata Pulewulung ini juga bekerjasama dengan beberapa pihak yang membantu penerapan pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) sehingga berdirinya desa wisata ini dapat memberi banyak kemanfaatan bagi warga sekitar. Penelitian ini memberikan kontribusi berupa rekomendasi kebijakan baru strategi komunikasi pemasaran Marketing Mix dan Promotional Mix pada kegiatan pariwisata di Desa Wisata Pulewulung dapat berkelanjutan yang dapat diterapkan di daerah pariwisata lainnya.

Keywords


Komunikasi Pemasaran; Desa Wisata Pulewulung; Pariwisata Berkelanjutan (Sustainable Tourism)

Full Text:

PDF (INDONESIAN)

References


Adhanisa, C., & Fatchiya, A. (2017). Efektivitas Website dan Instagram Sebagai Sarana Promosi Kawasan Wisata Berbasis Masyarakat. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 1(4), 451-466. https://doi.org/10.29244/jskpm.1.4.451-466

Aprilya, T. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyasfashop melalui Instagram dalam Meningkatkan Kepercayaan Customerdi Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 5(1), 13-23.

Aulia, R., & Irma, A. (2017). Strategi Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Penyandang Disabilitas. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 2(1), 16-29. Diakses dari http://www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP/article/view/2313

Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman. (2018). Laporan Hasil Kajian Penerapan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan Bagi Desa Wisata di Kabupaten Sleman. Sleman: Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman.

Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. (2017). Strategi dan Program Pemasaran Pariwisata DIY. Yogyakarta: Jogja Istimewa.

Haryono, S. (2009). Analisis Brand Image Yogyakarta Sebagai Kota Pelajar. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(3), 301-309. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/28

Hermawan, E. (2019). Strategi Kementerian Pariwisata Indonesia dalam Meningkatkan Branding Wisata Halal. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akutansi, 7(2), 87-95. http://dx.doi.org/10.33366/ref.v7i2.1512

Jogjatravel.com. (2019). Pemkot Yogyakarta Cabut Moratorium Pendirian Hotel. Jogjatravel.com diakses pada 10 Januari 2019.

Kartikasari, N. (2014). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Ekuitas Merek. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 162-167. https://doi.org/10.14710/interaksi.3.2.162-167

Kotler, Philip dan Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, R. (2019). Aplikasi Teori Osgood untuk Evaluasi Pemaknaan Internal Strategi Komunikasi Pemasaran Co-branding. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(2), 193-204. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2855

Lestari, P., & Dewi, M. A. (2010). Model Komunikasi dalam Sosialisasi Pengarusutamaan Gender dan Anggaran Responsif Gender di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 191-203. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/80

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss. (2017). Theories Of Human Communication, Eleventh Edition. USA: Waveland Press.

Maharani, B. K., Lestari, P., & Suparno, B. A. (2009). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaranpt Roda Pembangunan Jaya dalam Memasarkanperumahan Taman Palagan Asri Di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 38-48. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/3

Resmawa, I. N. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Memasarkan Produk Cemilan Kerupuk Singkong Samiler “Samijali” di Ukm Eks Lokalisasi Dolly. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 1(2), 68-75. Diakses dari https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/153

Sabon, V. L., Perdana, M. T. P., Koropit. P, C, S., & Pierre, W. C. D. (2018). Strategi Peningkatan Kinerja Sektor Parawisata Indonesia Pada Asean Economic Community. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 8 (2), 163 – 176. https://doi.org/10.15408/ess.v8i2.5928

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian; Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparwoko, & Dewi, P. (2015). Model Rancangan Rumah Susun Di Kampung Wisata Jetisharjo Yogyakarta dengan Pendekatan Green Landscape dan Green Façade. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan, 7(2), 108-122. https://doi.org/10.20885/jstl.vol7.iss2.art5




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v18i1.3742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats