Model Komunikasi Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT. Telkom dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pasca Gempa

Puji Lestari, Eny Endah Pujiastuti, Ida Wiendijarti

Abstract


Masyarakat mengeluh usahanya terancam gagal yang menyebabkan perekonomian terganggu pasca bencana gempa. Tujuan penelitian ini untuk menemukan model komunikasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Telkom untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat korban gempa pada UKM di Sleman Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan subjektif dengan data kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan interview dan FGD (Focus Group Discusion). Subjek penelitian ini adalah para pengusaha kecil menengah (UKM) yang menjadi korban gempa di Sleman Yogyakarta, dan tim CSR dari PT. Telkom Kandatel Yogyakarta. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan cara reduksi data, sajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan model komunikasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Telkom untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat korban gempa pada UKM di Sleman Yogyakarta. Kontribusi penelitian ini berupa rekomendasi kepada perusahaan-perusahaan pemerintah maupun swasta untuk menerapkan model komunikasi Corporate Social Responsibility (CSR) untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar.


Keywords


Model Komunikasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Telkom; Peningkatan Ekonomi; Pasca Gempa

Full Text:

PDF (INDONESIAN)

References


Anatan, L. (2010). Coorporate Social Responsibility (CSR): Tinjauan Teoritis dan Praktik di Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 8(2), 66-77. https://doi.org/10.28932/jmm.v8i2.192

Gussman, S. Y., Fathonah, S., & Wibawa, A. (2009). Analisis Community Development PT. Telkom Kandatel Yogyakarta dalam Pengembangan UKM melalui Program Kemitraan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 16-28. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/11

Hanggarwati, K., & Mutmainah, S. (2013). Analisis Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Institutional Ownership. Diponegoro Journal of Accounting, 2(2), 475-483. Diakses dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/3296

Lestari, P. (2009). Model Komunikasi Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(3), 291-300. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/26

Mapisangka, A. (2009). Implementasi CSR terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat. JESP: Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 1(1), 39-47. Diakses dari http://journal.um.ac.id/index.php/jesp/article/view/5123

Nur, M., & Priantinah, D. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapancorporate Social Responsibility Di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Berkategori High Profile Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia). Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 1(2), 22-34. https://doi.org/10.21831/nominal.v1i2.996

Purnomo, E. P. (2010). Development of Local Institutions towards on Participation and Communication Model in the United Kingdom. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(3), 280-288. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/132

Rahardja, E., Zain, D., Salim, U., & Rahayu, M. (2012). Implementasi Corporate Social Responsibility dan Implikasinya dalam Perspektif Teori Stakeholder (Studi pada Perusahaan Tekstil dan Produk Tekstil di Jawa Tengah). Jurnal Aplikasi Manajemen, 9(2), 535-544. Diakses dari https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/247

Ramasamy, B., & Yeung, M. (2009). Chinese consumers’ perception of corporate social responsibility (CSR). Journal of Business Ethics, 88(1), 119-132. https://doi.org/10.1007/s10551-008-9825-x

Riyantie, M. (2013). Implementasi CSR melalui Program "Kampoeng BNI" oleh PT. BNI (Persero) TBK. Jurnal Kajian Komunikasi, 1(2), 186-195. http://dx.doi.org/10.24198/jkk.v1i2.6043

Soesilowati, E., Indriyanti, D. R., & Widiyanto, W. (2011). Model Corporate Social Responsibility Dalam Program Pemberdayaan Petani Hortikultura. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan, 12(1), 102-117. https://doi.org/10.23917/jep.v12i1.209

Usop, S. R. (2012). Pembangunan Berbasis Masyarakat Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Corporate Social Responsibility. JISPAR, 1(1). Diakses dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JISPAR/article/view/341

Yin, J., & Zhang, Y. (2012). Institutional dynamics and corporate social responsibility (CSR) in an emerging country context: Evidence from China. Journal of business ethics, 111(2), 301-316. https://doi.org/10.1007/s10551-012-1243-4




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v11i2.3799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats