PENINGKATAN LAYANAN SKRIPSI MAHASISWA BEBAS PLAGIARISME PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UPN “VETERAN” YOGYAKARTA

Bambang Yuwono, Awang Hendrianto Pratomo, Nur Heri Cahyana, Yuli Fauziah, Muhadjir Fachrurradjie

Abstract


Abstrak

 

Skripsi merupakan suatu karya tulis ilmiah yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai syarat dalam memperoleh gelar sarjana. Dalam proses pengajuan skripsi, tiap-tiap Perguruan tinggi memiliki caranya masing-masing, seperti menggunakan cara manual atau menggunakan sistem informasi skripsi. Secara umum sistem informasi skripsi dapat memudahkan mahasiswa dengan memberikan informasi mengenai pengajuan proposal skripsi, dan informasi lain mengenai skripsi. Sistem informasi skripsi yang ada di Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta masih menggunakan cara manual dan tidak terdapat suatu sistem untuk mendeteksi plagiarisme pada proposal skripsi. Plagiarisme dalam proposal skripsi dapat dicegah dengan menambahkan sebuah fitur didalam sistem informasi skripsi untuk mengetahui tingkat plagiarisme proposal tersebut. Untuk mengetahui tingkat plagiarisme tersebut  dapat menggunakan algoritma Winnowing. Algoritma Winnowing bekerja dengan cara memproses teks yang didapatkan dari proposal, kemudian dilakukan beberapa tahapan preprocessing dan mencari nilai hash terkecil dari tiap-tiap dokumen yang nantinya digunakan sebagai pembanding untuk menentukan persentase nilai kemiripan proposal tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penambahan fitur deteksi plagiarisme diterapkan didalam sistem informasi skripsi dapat membantu menentukan tingkat persentase kemiripan proposal skripsi dengan artikel yang berada di internet.

 

Kata Kunci : Plagiarisme, WinnowingHash, web scraping, Sistem informasi skripsi


Keywords


Plagiarisme; Winnowing; Hash; web scraping; Sistem informasi skripsi

Full Text:

PDF

References


Aulia, R. (2008). Analisis Algoritma Knuth Morris Pratt dan Algoritma Boyer Moore dalam Proses Pencarian String. Bandung: ITB.

Djafar, I. M. (2015). Deteksi Kemiripan Dokumen Teks Menggunakan Algoritma Manber. Deteksi Kemiripan Dokumen Teks Menggunakan Algoritma Manber.

Firdaus, H. B. (2008). Deteksi Plagiat Dokumen Menggunakan Algoritma Rabin-Karp. Program Studi Teknik Informatika Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung (ITB). Bandung. Diambil dari http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Stmik/2007-2008/Makalah2008/MakalahIF2251-2008-076.pdf

Goenawan, W., Augustinus, R., & Sembiring, K. (2005). Penerapan Algoritma Edit Distance Pada Pendeteksian Praktik Plagiat. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Hidayani, N., Sari, J. N., & Suhatman, R. (2012). Perancangan dan Implementasi Metode Brute Force untuk Pencarian String pada Website PCR. Jurnal Aksara Komputer Terapan, 1(2).

Istiana, P., Purwoko, & Perpustakaan UGM. (2014, Januari 26). Panduan Anti Plagiarism. Diambil 31 Januari 2018, dari http://lib.ugm.ac.id/data/panduan_plagiarisme.pdf

Josi, A., & Abdillah, L. A. (2014). Penerapan teknik web scraping pada mesin pencari artikel ilmiah. arXiv preprint arXiv:1410.5777.

Rahma, Mivthahul. (2015). Cara-Cara Konversi Sistem Informasi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Kurniawati, A., & Wicaksana, I. W. S. (2008). PERBANDINGAN PENDEKATAN DETEKSI PLAGIARISM DOKUMEN DALAM BAHASA INGGRIS. Proceeding, Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2008). Diambil dari http://repository.gunadarma.ac.id/977/

Mulyanto, A. (2010). ANALISIS EDIT DISTANCE MENGGUNAKAN ALGORITMA DYNAMIC PROGRAMMING, Vol 5, No 2. Diambil dari http://repository.ung.ac.id/get/simlit_res/1/281/Analisis-Edit-Distance-Menggunakan-Algoritma-Dynamic-Programming.pdf

Munir, R. (2004). Algoritma Brute Force Bagian 2–Algoritma Brute Force (Lanjutan). ppt. ITB, Bandung.

Pramana, Y., & Munggana, W. (2016). Implementasi Web Scrapping pada Website Eduesia. Com untuk Pengukur Kesenjangan Jumlah Mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia. ULTIMA INFOSYS, 6(2), 130–135.

Purwitasari, D., Kusmawan, P. Y., & Yuhana, U. L. (2011). Deteksi Keberadaan Kalimat Sama Sebagai Indikasi Penjiplakan Dengan Algoritma Hashing Berbasis N-Gram. Jurnal Ilmiah KURSOR, 6(1), 37–44. Diambil dari http://old.its.ac.id/personal/files/pub/4745-diana-cs-kursor_Diana.pdf

Saragih, M. A. (2013). Implementasi Algoritma Brute Force dalam Pencocokan Teks Font Italic untuk Kata Berbahasa Inggris pada Dokumen Microsoft Office Word. Pelita Informatika: Informasi dan Informatika, 4(3).

Fadelillah, M., Subroto, I. M. I., & Kurniadi, D. (2017). Sistem Rekomendasi Hasil Pencarian Artikel Menggunakan Metode Jaccard’s Coefficient. TRANSISTOR Elektro dan Informatika, 2(1), 1–14.

Schleimer, S., Wilkerson, D. S., & Aiken, A. (2003). Winnowing: local algorithms for document fingerprinting. Dalam Proceedings of the 2003 ACM SIGMOD international conference on Management of data (hlm. 76–85). ACM. Diambil dari http://theory.stanford.edu/~aiken/publications/papers/sigmod03.pdf

Jumardi, R., Nugroho, E., & Hidayah, I. (2015). Analisis Kesuksesan Implementasi Sistem Informasi Skripsi pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Dalam Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (Vol. 1).

Soelistyo, H. (2011). Plagiarisme: pelanggaran hak cipta dan etika. Penerbit Kanisius. Diambil dari https://books.google.co.id/books?id=xhwptwAACAAJ

Palupi, Y. E., & Suroso, B. D. I. A. I. (2014). Pengembangan Sistem Informasi.

Triawati, C. (2009). Metode Pembobotan Statistical Concept Based untuk Klastering dan Kategorisasi Dokumen Berbahasa Indonesia. Institut Teknologi Telkom, Bandung.

Turland, M. (2010). Php, Architect’s Guide to Web Scraping. Marco Tabini & Associates, Inc.

Zuliarso, E., & Mustofa, K. (2009). Crawling Web berdasarkan Ontology. Dinamik-Jurnal Teknologi Informasi, 14(2).




DOI: https://doi.org/10.31315/telematika.v15i2.3129

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/telematika.v15i2.3129.g2459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of :
TELEMATIKA: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi
ISSN 1829-667X (print); ISSN 2460-9021 (online)


Dipublikasi oleh
Jurusan Teknik Informatika, UPN Veteran Yogyakarta
Jl. Babarsari 2 Yogyakarta 55281 (Kampus Unit II)
Telp: +62 274 485786
email: jurnaltelematika@upnyk.ac.id

 

Jurnal Telematika sudah diindeks oleh beberapa lembaga berikut:
 

 

 

 

 

Status Kunjungan Jurnal Telematika