PEMBERITAHUAN KETERLAMBATAN ANGSURAN MENGGUNAKAN SHORT MESSAGE SERVICE GATEWAY (STUDI KASUS KOPERASI SIMPAN PINJAM MAKMUR YOGYAKARTA)

Jalu Satrio Wibowo, Herry Sofyan, Bambang Yuwono

Abstract


Perkembangan teknologi informasi di era globalisasi ini telah mengalami perubahan yang cukup pesat. Hal ini dapat  lihat dengan banyaknya perusahaan atau badan usaha atau instansi tidak lepas dari pengaruh teknologi informasi. Salah satunya adalah Koperasi simpan pinjam Makmur Yogyakarta sebagai badan usaha ekonomi rakyat yang bersifat sosial yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas azas kekeluargaan. Setiap bentuk kegiatan dan usaha pada umumnya memiliki sebuah tujuan yang jelas sehingga dalam mengelola kegiatan koperasi oleh petugas harus memberikan kepercayaan dan memberikan pelayanan yang baik bagi anggota-anggota koperasi. Permasalahan dalam menjalankan kegiatan koperasi antara lain penunggakan dikarenakan keterlambatan pembayaran angsuran, kinerja petugas yang kurang optimal, keterlambatan dalam pemberitahuan informasi yang membuat pembayaran angsuran terhambat, dan pencatatan data dengan pembukuan lalu di memasukan data ke dalam Microsoft excel sehingga kurang terkomputerisasi dalam merekam data koperasi maka apabila dilakukan dengan cara seperti biasa mengecek data satu persatu maka memerlukan waktu yang cukup lama dalam mencari data anggota yang memiliki permasalahan data hilang  dalam mencari file data koperasi belum termasuk juga yang tidak ditemukan menyebabkan data kurang terekam dengan baik sehingga masih kurang efisien dan belum lagi masalah pemberitahuan yang kurang tersampaikan sehingga masih ada anggota yang menunggak pembayaran angsuran pada setiap bulannya menyebabkan pihak koperasi bekerja lebih terutama memberitahu perihal pembayaran dengan sms satu persatu kesetiap anggota yang menunggak dengan petugas yang masih kurang turut menjadi masalah kurang efisen.


Keywords


Koperasi, SMS Gateway , Web, PHP, Javasript , SMS, Waterfall

Full Text:

PDF

References


Alfian. Ghurfan Yusuf. 2013. Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Koperasi Multiguna Berbasis Web (Studi Kasus Koperasi Multiguna Kecamatan Panekan). Other thesis, Program Studi Teknik Informatika Fakulta Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Cahya Kurnia. Anjar . 2016. Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Makmur Mandiri Bandung. Other thesis. Program Studi Sistem Informasi , Universitas Komputer Indonesia Bandung.

Ferry, Gunawan. 2003. “Membuat Aplikasi SMS Gateway dan Client dengan Java dan PHP”, PT Elex Media Komputindo, Jakarta

J. . P. Jumri . 2012, "Perancangan Sistem Monitoring Konsultasi Bimbingan Akademik

Mahasiswa dengan Notifikasi Realtime Berbasis SMS Gateway," Informatika, pp. 34-55.

Jogiyanto. 2005. Analisis & Desain Sistem Informasi : pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis. Andi, Yogyakarta.

Kadir . Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. CV Andi Offset. Yogyakarta.

Muharif. Panji . 2013. Aplikasi Berbasis Web Pengelolaan Sewa Lapangan Futsal Dan Layanan Informasi Serta Pemesanan Menggunakan SMS Gateway. Other thesis. Fakultas Teknik Industri, Universitas Pembangunan “Veteran” Nasional Yogyakarta.

Nindyo Pramono, 1986, Beberapa Aspek Koperasi pada Umumnya dan Koperasi Indonesia di dalam Perkembangan, TPK Gunung Mulia. Yogyakarta.

Pudyastowo. Kharismawan. 2014. Aplikasi Stock Darah Berbasis Web dan SMS Gateway Pada Unit Donor Darah PMI Kabupaten Klaten. Other thesis. Fakultas Teknik Industri, Universitas Pembangunan “Veteran” Nasional Yogyakarta.

Pressman, R.S. (2010), Software Engineering : a practitioner’s approach,McGraw-Hill,

New York, 68

Rahardja, R.T. Sutantya. 2000. Hukum Koperasi Indonesia. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Riadi, M. (2012, December 04) . Teori SMS (Short Message Service). Retrieved March 06, 2013, fromKajian Pustaka:http://www.kajianpustaka.com/2012/12/teori-sms-short-message service.html.

Rakmansyah. Mulya. 2011. “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam Berbasis Web (Studi Kasus : Koperasi Pegawai Negeri IGTKI PGRI Pekanbaru ). Other thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Sunardi. 2009. Aplikasi SMS Gateway –Vol 14, No. 1. Sunardi. Jakarta.

Sibero. Alexander F.K., 2011, Kitab Suci Web Programing, MediaKom ,Yogyakarta.

Sutanta, Edhy. 1995. Sistem Informasi Manajemen. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Setyo Budi. Yoni . 2013. Aplikasi Pelayanan Pencurian Kendaraan Bermotor Dengan Menggunakan Fasilitas SMS Gateway. Other thesis. Fakultas Teknik Industri, Universitas Pembangunan “Veteran” Nasional Yogyakarta.

Kompasiana. (2012, 09 20). Tahun 2012 angka penculikan anak meningkat. Retrieved 13 11,2018,fromhttps://www.kompasiana.com/arozisokhi_azjava/5517b539a333115107b65fc3/dampak-perkembangan-teknologi-informasi




DOI: https://doi.org/10.31315/telematika.v1i1.3384

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/telematika.v1i1.3384.g2569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of :
TELEMATIKA: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi
ISSN 1829-667X (print); ISSN 2460-9021 (online)


Dipublikasi oleh
Jurusan Teknik Informatika, UPN Veteran Yogyakarta
Jl. Babarsari 2 Yogyakarta 55281 (Kampus Unit II)
Telp: +62 274 485786
email: jurnaltelematika@upnyk.ac.id

 

Jurnal Telematika sudah diindeks oleh beberapa lembaga berikut:
 

 

 

 

 

Status Kunjungan Jurnal Telematika