Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening

Faiqurrutab Faiqurrutab, Adi Soeprapto, Suratna Suratna

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research. Besar sampel adalah 60 responden yaitu Karyawan Tetap Divisi Produksi PT. Taru Martani dengan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja, motivasi kerja terhadap kepuasan kerja, lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan. Termasuk kepuasan kerja juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Terdapat pengaruh tidak langsung antara lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya perusahaan memperhatikan tingkat kinerja karyawan dengan memberikan kebebasan kepada karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan, kondisi di sekitar tempat kerja karyawan, pembentukan mental karyawan dan pemberian punishment kepada karyawan agar pengawasan terhadap karyawan berjalan. dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Afianto, dan Utami. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja dan Komunikasi Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Divisi Marketing PT. Victory International Futures Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol 50(6) : 58-67.

Ariani, dan Assarofa. 2018. Pengaruh Motivasi, Disiplin, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan: Studi Kasus Pada PT. Palma Plantasindo Di Desa Sunge Batu Kecamatan Pasir Belengkong Kabupaten Paser. Conference on Management and Behavioral Studies, Vol 68.

Busro, Muhammad. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: expert

Dwijayanti, dan Dewi. 2015. Pengaruh Kompensasi, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mangutama Badung . E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4(12): 4274 - 4301.

Hutagalung, dan Triastuti. 2019. Pengaruh Motivasi dan Disiplin terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Anugerah Abadi Bersama. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, Vol 21(2): 123-134.

Ivancevich, J. M., Konopaske, dan Michael. 2008. Perilaku dan Manajemen Organisasi, jilid 1 dan 2. Jakarta : Erlangga.

Kardiasih, Yasa, dan Sitiari. 2017. Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Pada Dinas Kebudayaan Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi & Bisnis, Vol 4(2): 55-62.

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta : Rajawali Pers

Lantara, I. W. A. 2019. Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening di PT. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Vol 10(1): 231-240.

Latan, Hengky dan Ghozali, Imam. 2012. Partial Least Squares Konsep, Teknik

dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 2.0 M3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Luthans Fred. 2006. Perilaku Organisasi, Edisi Sepuluh. Yogyakarta: PT. Andi.

Mahmood, M. Faraydoon. 2016. The Impact of work motivation on Employee’s Job Satisfaction in different Organizations. Journal of University of Human Development, Vol 2(3): 397-401.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nugrahaningsih dan Julaela. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada PT. Tempuran Mas. Media Manajemen Jasa, Vol 4(1).

Oktapriani, Sofia dan Iranita 2018. Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. X).

Permadi, Landra, Kusuma dan Sudja. 2018. The Impact of Compensation and Work Environment towards Job Satisfaction to Affect the Employee Performances. International Journal of Management and Commerce Innovations, Vol 6(2): 1248-1258.

Putri, S. E. 2018. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada PT Telkom Witel Yogyakarta).

Riduwan dan Kuncoro, Engkos Achmad. 2012. Cara Mudah Menggunakan dan

Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta

Rivai, Veithzal. (2004). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan. Jakarta: PT raja grafindo Persada.

Sahlan, Mekel, dan Trang. 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Sulut Cabang Airmadidi. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol 3(1).

Sedarmayanti. 2018. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. Bandung : CV. Mandar Maju.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tannady, Hendy. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Expert.

Umar, Husein. 2002. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wibowo. (2019). Perilaku Organisasi. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Zainur, Roziqin Muhammad. (2010). Kepuasan Kerja. Malang: Averroes Press.




DOI: https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v21i1.12713

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v21i1.12713.g6354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Administrasi Bisnis (JABis)

Published: UPN Veteran Yogyakarta
Managed by: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
Address: Jl. Babarsari No 2 Tambakbayan, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman Yogyakarta 55281
E-mail: jabis@upnyk.ac.id
View My Stats
 
Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis (JABis) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. (CC - BY - SA 4.0).