Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Honda Vario

Aji Ersat Sukandar, Hanung Eka Atmaja, Wildan Yudhanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merek, dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic Honda Vario. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan sampel yang terdiri dari 170 responden pengguna sepeda motor matic Honda Vario. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic Honda Vario. Sebaliknya, citra merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic Honda Vario. Selain itu, kepercayaan merek juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic Honda Vario. Secara simultan, kualitas produk, citra merek, dan kepercayaan merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic Honda Vario. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi produsen dan pemasar dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, serta membantu dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Hasil penelitian ini juga bisa dijadikan acuan untuk penelitian selanjutnya dalam bidang yang sama.

Full Text:

PDF

References


Abdjul, R., Soegoto, A. S., & Soepeno, D. (2018). Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina Pada Pt . Wahana Wirawan Manado Analysis Of The Effect Of Product Innovation , Product Quality And Brand Image On The Purchase Decision Of Car Nissan Grand Livina On Pt . Wahana. Jurnal EMBA, 6(4), 3553–3562.

Adipramita, V. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Perhiasan Emas Lancar Jaya Sekaran Lamongan. JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen, 4 (1).

Adonis, M. R., & Silintowe, Y. B. R. (2021). Desain Produk, Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Y. JURNAL CAPITAL : Kebijakan Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 118–138. https://doi.org/10.33747/capital.v3i1.80

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Rajawali Pers.

Baharudin, M., & Zuhro, S. (2015). The effect of trust and customer satisfaction on customer loyalty. Journal of Islamic Business and Management, 3.1.

Chaudhuri, A., & Holbrook, M. B. (2001). The Chain of Effects from Brand Trust and Brand Affect to Brand Performance: The Role of Brand Loyalty. Journal of Marketing, 65(2), 81–93.

Dharmayana, I. M. A., & Rahanatha, G. B. (2018). Pengaruh Brand Equity, Brand Trust, Brand Preference, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Niat Membeli Kembali. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(4), 2018–2046.

Fauzi, R., & Sampurna, D. S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor (Studi Kasus Pada Kosumen Sepeda Motor Yamaha Di Dealer Johar Baru Jakarta Pusat). Repository STIE Indonesia, 1–18. http://repository.stei.ac.id/2727/1/21150000156_Artikel Inggris_2020..pdf

Febriyanti, R. S., & Anik, W. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand ImageTerhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen2, 5 (5)(5), 3.

Ferrinadewi, E. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen. Graha Ilmu.

Fitrianingsih, H. (2022). Skripsi Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Electronic Word Of Mouth, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow (Studi Kasus Pada Pengguna Ms Glow Di Indonesia). Skripsi Thesis, 8.5.2017.

Ghozali, I. (2018a). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018b). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universita Diponogoro.

Gumelar, G., Rapini, T., & Kristiyana, N. (2023). The Effect of Brand Trust, Brand Awareness, and Brand Positioning on The Purchase Decision of Honda Brand Motorcycle in Students of Muhammadiyah Ponorogo University. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.31289/jimbi.v4i1.1821

Habir, H., Zahara, Z., & Farid, F. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 4(3), 211–218. https://doi.org/10.22487/jimut.v4i3.123

Hotimah, H. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Di E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Tidar).

Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen (Edisi ke-1). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen (15th Editi). Pearson Education,Inc.

Laila, E. J., & Sudarwanto, T. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani Di Butik Qta Ponorogo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(2), 1–9.

Laksono, A. W., & Suryadi, N. (2020). Holistic Journal of Management Research Volume 6, No.2, November 2021. Holistic Journal of Management Research, 6(2), 42–59.

Lestari, R. D. (2022). Intensi Penggunaan Kosmetika di Kalangan Pelajar SMK Kota Yogyakarta : Kajian Theory of Planned Behavior. Skripsi Thesis, Issue 8.5.2017, Universitas Sanata Dharma.

Madani, A. U., Karyatun, S., & Digdowiseipo, K. (2023). The Influence of Product Quality, Brand Image, Price Perception on the Purchase Decision Process of Food and Beverages. International Journal of Economics,Management, Businessand Social Science, 3(1), 169–176. https://doi.org/10.4108/eai.12-7-2023.2340952

Mahyarni. (2013). Theory Of Reasoned Action Dan Theory Of Planned Behavior (Sebuah Kajian Historis Tentang Perilaku). Jurnal EL-RIYASAH, 4(1), 13. https://doi.org/10.24014/jel.v4i1.17

Martha, L., & Maini, D. (2022). Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Nmax Di CV. Tjahaja Baru Surantih. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2, 1172–1192.

Martini, T. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Merek Honda Jenis Skutermatic. Jurnal Penelitian, 9(1), 113–132. https://doi.org/10.21043/jupe.v9i1.854

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan, dan Karakteristik Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3594

Noor, J. (2014). Metodologi Penelitian. Kencana.

Novriansyah, Y., Asman, M., & Isman, I. (2022). Kepercayaan Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Kawasaki Klx Di Kabupaten Merangin. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), 210–2018.

Nugroho, R. F. (2021). Hubungan Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Outdoor Merek Bigadventure (Studi Pada Komunitas Big Family Di Jabodetabek). Skripsi Thesis.

Panget, B., Tumbel, T. M., & Tamengkel, L. F. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada CV. LION di Ternate. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 6(004), 62–69.

Pasaribu, V. L. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor TVS. Business Management Journal, 18(1), 37. https://doi.org/10.30813/bmj.v18i1.2829

Permatasari, E. N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Pelanggan Minimarket ( Studi Kasus pada Pelanggan Minimarket Alfamart Tayu Wetan , Tayu , Pati , Jawa Tengah ). Jurnal Aplikasi Manajemen, 15, 371–379.

Pradwita P P, R. B., Handoko, Y., & Rachmawati, I. K. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi Pada Website Www.Laroslaptop.Com Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(2), 212–220. https://doi.org/10.31846/jae.v8i2.312

Prayitno, D. (2014). Spss 22 pengolahan data terpraktis / Duwi Priyatno; editor: Th. Arie Prabawati (A. T. Prabawati (ed.)). Andi.

Sari, V. A. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Dalam Kemasan Teh Botol Sosro (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fisip Undip Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), 453–464.

Schiffman, L., & Kanuk, L. (2008). Perilaku Konsumen (Ketujuh). Studia.

Schiffman, L., & Kanuk, L. (2010). Consumer Behavior Tenth Edition Global Edition. Pearson Education, Inc.

Setyani, A. D., & Prabowo, R. E. (2020). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian sepatu merek Adidas (Studi di Toko Origial Sportcenter cabang Medoho Semarang). Procceding Sendiu, 42–53.

Sherry. (2022). Pengaruh citra merek, kepercayaan merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sunlight di kecamatan kateman skripsi.

Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Remaja Rosdakarya.

Talunohi, H., Hardilawati, W. L., & Fikri, K. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa: Merdeka EMBA, 1(1), 24–34.

Tannia, P. V., & Yulianthini, N. N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Merek PCX. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 88–94.

Tjicptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (III).

Tjicptono, F. (2013). Manajemen Jasa. Andi.

Tjicptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed). Andi.

Wibawa, K. A. A. A., Kirya, I. K., & Suwendra, I. W. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Iklan dan Citra Merek Terhadap KeputusanPembelian Sepeda Motor. Bisma: Jurnal Manajemen, 4(2), 121–127.




DOI: https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v22i2.12828

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v22i2.12828.g6441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Bisnis (JABis)

Published: UPN Veteran Yogyakarta
Managed by: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
Address: Jl. Babarsari No 2 Tambakbayan, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman Yogyakarta 55281
E-mail: jabis@upnyk.ac.id
View My Stats
 
Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis (JABis) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. (CC - BY - SA 4.0).