Etika Komunikasi Politik dalam Ruang Media Massa

Roni Tabroni

Abstract


Perkembangan demokrasi di Indonesia semakin membuka peluang praktisi politik untuk melakukan kampanye secara terbuka. Media massa sebagai bagian darisaluran komunikasi politik, menjaditarget penting untuk melakukan sosialisasi politik. Dalam praktiknya,media massa mengabaikan aspek etika dalam melakukan proses komunikasi politik,sehingga cenderung kebablasan dan tanpa kontrol. Penelitianini bertujuan untuk mengungkap fakta-fakta dilapangan terkait dengan pola perilaku politisi dan tim suksesnya dalam melakukan komunikasi politik dengan menggunakan media massa. Jika proses komunikasi politik tidak dibarengidengan etika maka masyarakat sebagai konsumen media akan menjadi korban. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, sehingga dapat mengungkap realitas yang sebenarnya. Penelitian inimengungkapkan adanya perilaku tidak etis yang dilakukan para politisi, yang pada sisi tertentu kemudian justru melakukan kerja sama dengan pihak media massa. Media massa yang dalam menjalankan profesinya mesti taat pada Kode Etik Jurnalistik, namun kenyataannya menjadi lebih fleksibel ketika dihadapkan pada realitas politik di lapangan. Temuan ini semakin memperjelas bahwa minimnya pengetahuan tentang etika dalam komunikasi politik bagi politisi dan timnya, menjadi problem dalam menyampaikan pesan-pesan politik lewat media massa.

Keywords


Etika, Komunikasi politik, Media massa

References


Ali, Novel, 1999, Peradaban Komunikasi Politik; Potret Manusia Indonesia, Rosda, Bandung. Ardial, 2010, Komunikasi Politik, Indeks, Jakarta, Bertens, K, 2011, Etika, Gramedia Jakarta. Bertens, K, 2011, Etika, Gramedia Jakarta.

Cangara, Hafied, 2009, Komunikasi Politik, Rajawali Press, Jakarta. Denton, Robert E, 2000, Political Communication Ethics, PRAEGER, USA. Firmanzah, 2007, Marketing Politik; Antara Pemahaman dan Realitas, Obor, Jakarta.

Graber, Doris A, 1984, Mass Media and American Politics, CQ Press, Washingtin DC. Harun, Rochajat dan Sumarno, 2006, Komunikasi Politik sebagai Suatu Pengantar, Mandar Maju, Jakarta.

Haryatmoko, 2007, Etika Komunikasi, Manipestasi Media, Kekerasan dan Pornografi, Kanisius, Yogyakarta.

Ihsan, A. Bakri, 2009, Etika dan Logika Berpolitik; Wacana Kritis atas Etika Politik, Kekuasaan dan Demokratis, Rosda, Bandung.

Johannesen, Richard L, 1996, Etika Komunikasi, Rosda, Bandung. Krech, David, Crutchfield, Richards, and Ballachey, Engerton L., 1962, Individual in Society; A text book of Social Psychology, Mc Grew-Hill Kogamakusha Lxd, California.

Lilleker, Darren G. (ed), 2006, The Marketing of Political Parties: Political Marketing at the 2005 British General election, UBC Press, New York.

Morrisan dan Warhany, Andy Corry , 2009, Teori Komunikasi, Ghalia Indonesia, Bogor.

Mufid, Muhamad, 2009, Etika dan Filsafat Komunikasi, Kencana, Jakarta.

Muhtadi, Asep Saeful, 2008, Komunikasi Politik Indonesia, Dinamika Islam Politik Pasca Orde Baru. Rosda, Bandung

______, 2008, Kampanye Politik, Humaniora, Bandung.

Mulyana, Dedi, 2003, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Rosda, Bandung.

Nimmo, Dan, 1989, Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan dan Media, Rosda, Bandung.

______, 2001, Komunikasi Politik; Khalayak dan Efek, Rosda, Bandung.

Nursal,Adman, 2004, Political Marketing; Strategi Memenangkan Pemilu, Gramedia, Jakarta.

Pawito, 2009, Komunikasi Politik; Media Massa dan Kampanye Pemilihan,Jalasutra, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v10i2.122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats