Kemiskinan Struktural Informasi

Tuti Widiastuti

Abstract


Artikel ini didasarkan pada penelitian jaringan sosial dan kemiskinan struktural di Dusun Wanasari, Desa Karangsong, Indramayu, Jawa Barat. Fenomena ini akan dianalisis dengan teori pertukaran sosial dari Richard M. Emerson yang mengatakan bahwa orang-orang akan memiliki akses terbatas dalam jaringan sosial mereka dan yang memiliki sumber daya yang baik akan kuat dari yang lain. Metodologi penelitian ini adalah Analisis Jaringan Komunikasi. Temuan dalam penelitian ini seperti jaringan komunikasi sosial antara orang-orang miskin memiliki pola sendiri, jaringan ukuran kecil, sederhana, anggota yang terbatas, umur dan saling terhubung antara satu dengan lain. Sumber informasi yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, terutama berasal dari ikatan yang kuat, namun untuk penemuan inovatif atau baru justru datang dari ikatan lemah. Informasi diperoleh berasal dari heterophily, dan didistribusikan kepada kelompok homophily. Penggunaan Ponsel untuk mempererat hubungan homophily, tetapi tidak untuk heterophily. Opini pemimpin dalam penelitian ini dibentuk secara polimorfik, ditandai dengan tinggi kelas sosial-ekonomi, berpendidikan dibandingkan dengan mayoritas penduduk, berpengalaman, lebih terpapar dunia luar, dan juga pengetahuan. Karakteristik dari opinion leader adalah adanya tingkatan kepemimpinan untuk kategori pendapat. Bagi orang-orang yang diidentifikasi di bawah garis kemiskinan, mereka memiliki akses terbatas terhadap informasi seperti pendidikan dan program pelatihan, program pendukung keuangan, dan informasi yang disampaikan melalui jaringan komunikasi sosial.


Keywords


informasi, jaringan komunikasi sosial, kemiskinan struktural, pertukaran sosial

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dahlan, M. Alwi, 1997, Pemerataan Informasi, Komunikasi dan Pembangunan, Pidato Pengukuhan Guru Besar Tetap Ilmu Komunikasi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia, Depok.

Departemen Ilmu Komunikasi UI, 2008, Manusia Komunikasi Komunikasi Manusia, Penerbit Buku Kompas, Jakarta.

Dijk, Jan van, 2006, The Network Society, Social Aspects of New Media, Second Edition, Sage Publications, London.

Fiedler, Klaus (ed.), 2007, Social Communication, Psychology Press, Madison Avenue.

Haralambos, Michael, Martin Holborn and Robin Heald, 2004, Sociology Themes and Perspectives, Sixth Edition, Collins Publishers, London.

Horst, Heather A., dan Daniel Miller, 2007, The Cell Phone, An Anthropology of Communication, Berg, Oxford.

Kriyantono, Rachmat, 2007, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

McQuail, Denis, 2005, McQuail’s Mass Communication Theory, Fifth Edition, Sage Publication, London.

Monge, Peter R., dan Noshir S. Contractor, 2003, Theories of Communication Networks, Oxford University Perss, Madison Avenue.

Rogers, Everett M.,Diffusion of Innovations, Fourth Edition, 1995, The Free Press, New York.

Setiawan, Bambang, 1989, Pelapisan Sosial dan Jaringan Komunikasi, Penelitian di Desa Senik Kalurahan Bumirejo Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta, UGM, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

 


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats