Model Komunikasi Efektif bagi Perkembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Anak
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi antara anak dan orang tua dalam keluarga dan guru di sekolah dengan kemampuan siswa berpikir kreatif. Komunikasi anak dengan orang tua dan guru dalam penelitian ini adalah berbeda yang didasarkan pada tiga gaya komunikasi, meliputi: gaya komunikasi instruksional, partisipasi dan gaya delegasi komunikasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diperoleh informasi bahwa: (1) komunikasi antara anak dan orang tua dan guru sangat penting untuk pengembangan kemampuan berpikir kreatif untuk anak. (2) Gaya komunikasi instruksional yang dikembangkan baik oleh orang tua dan guru sangat efektif bila disesuaikan dengan anak yang memiliki tingkat yang lebih rendah kemampuan berpikir kreatif, tapi partisipasi dan gaya delegasi komunikasi menjadi tidak efektif, (3) Gaya partisipasi komunikasi terbangun dengan baik oleh orang tua atau guru sangat efektif bila disesuaikan dengan anak yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif, namun gaya komunikasi instruksional dan delegasi tidak cukup efektif, (4) Gaya komunikasi delegasi dikembangkan dengan baik oleh orang tua atau guru sangat efektif jika disesuaikan dengan anak yang memiliki tingkat lebih tinggi kemampuan berpikir kreatifnya, sedangkan gaya komunikasi instruksional dan partisipasi akan tidak efektif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adiwikarta, Sudardja, 1988, Sosiologi Pendidikan: Isu dan Hipotesis Tentang Hubungan Pendidikan Dengan Masyarakat, Jakarta, DIKTI.
Arasteh, AR & Arasteh, 1976, Creativity In Human Developnent, New York, John Walley & Sons.
Arieti, S., 1976, Creatibity : The Magic Synthesis, New York, Basic Book.
Alisyahbana, S, Takdir, 1980, Kreativitas, Dian Rakyat, Jakarta.
Costa Berthur L, ed,1985, Dalam Suwarma, Pengembangan kemampuan berpikir dan Nilai IPS, D isertasi, Pascasarjana, IKIP, Bandung.
Clarc, B., 1983, Growing Up gipted, Ohio, Charles E.Merril.
Eshleman, J. Ross Cashion, Barbara G., 1983, Sociology, Boston, Little Brown and Company.
Fontana. D (ed)., 1981, Psychology for Teachers, London, The Britich Psychologyxal Society.
Fisher, B. Aubrey, 1986, Teori-teori Komunikasi, Penyunting Jalaluddin Rakhmat, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Hurlock, E.B., 1979, Personality Development, New Delhi, Tata McGraw-Hill of India.
McKinnon, D.W., 1976, Architects, Personality Tipes, and Creativity, Dalam A. Rothenberg & C.R. Hausman (Eds), The Creativity Question, Durham University Press.
Guiford, J.P. , 1977, Way Beyond The IQ, Buffalo, Creative Learning Press.
———, 1950, Creativity, American Psychologist.
Rusidi, 1992, Dasar-dasar Penelitian dalam Rangka Pengembangan Ilmu, Program Pascasarjana, UNPAD, Bandung.
Solihat, 2005, Komunikasi Orang Tua dan Pembentukan Kepribadian Anak, Jurnal Komunikasi, Mediator Volume 6 Nomor 2, Desember 2005, Fakultas Komunikasi, UNISBA, Bandung.
Sanusi, Achmad, 1992, Pikiran Rakyat, 4 Juli. Supriadi, Dedi, 1989, Kreativitas dan Orang-orang Kreatif dalam Lapangan Keilmuan, Disertasi, Pascasarjana, IKIP, Bandung.
———, 1994, Kreativitas Kebudayaan dan Perkembaangan IPTEK, Alfabeta, Bandung.
Snedector, George W. & Cochran, 1968, Statistical Methods, New Delhi, Oxford & IBH Publishing.
DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v8i3.135
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:
Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)
Alamat:
Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268
Fax: (0274)487147
Email: jik@upnyk.ac.id