Desain Layout Dalam Iklan Cetak (Analisis Deskriptif pada Iklan di Majalah Kartini)

Kartika Ayu Ardhanariswari, Retno Hendariningrum

Abstract


Periklanan merupakan salah satu bentuk komunikasi visual dan salah satu jenis komunikasi pemasaran. Iklan merupakan bentuk komunikasi prabayar yang menggunakan media massa dan media interaktif untuk menjangkau audiens yang luas dalam rangka menghubungkan sponsor yang jelas dengan pembeli dan memberikan informasi tentang produk (barang, jasa, dan gagasan). Layout atau tata letak merupakan perencanaan semua unsur naskah iklan seperti tulisan, gambar, ilustrasi, teks, nama, alamat, dan sebagainya, dengan pengukuran seksama. Dalam sebuah iklan, layout memegang peranan penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis design layout iklan di Majalah Kartini khususnya iklan kosmetik. Metode penelitian yang digunakan analisis isi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan yang dinalisis lebih banyak menggunakan tipe the law of variety. The law of variety merupakan design layout iklan yang dibuat bervariasi. Hal ini bertujuan agar iklan yang dibuat lebih bervariasi yaitu teks yang dibuat memiliki ukuran besar dan ketebalan yang berbeda dari huruf yang lain diharapkan dapat memberi tahu pembaca dan dengan huruf yang berbeda itulah produsen ingin menyampaikan inti dari produk tersebut dibuat. Temuan untuk tipe layout adalah type layout jumble. Jumble adalah susunan penyajian iklan yang komposisi beberapa gambar dan teksnya disusun secara teratur. Oleh pembuat iklan tipe layout jumble diharapkan memberikan informasi produk lebih rinci.

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 Jurnal Ilmu Komunikasi terindeks di:

 

 

 


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats