Sensualitas Perempuan Dalam Industri Musik Populer

Roro Retno Wulan

Abstract


Dari dulu, perempuan menjadi suatu kajian menarik dalam relasi kuasa antara laki-laki dengan perempuan, antara kepentingan ekonomi politik dengan eksistensi perempuan. Lilitan semacam ini telah mengkonstruksi penampilan artis yang dicurigai kemurniannya. Kajian dalam penelitian ini melihat bahwa terdapat dua sisi perempuan yang perlu dicermati, yaitu perempuan penampil atau artis dalam video klip dan perempuan sebagai penikmat musik. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan berbagai aspek kajian feminis dan budaya popular di kalangan remaja putri Indonesia. Peneliti memilih teknik pengumpulan data yang mencakup pengamatan, wawancara, kajian dokumen, pengembangan diskusi kelompok terhadap remaja putri sebagai penikmat video musik budaya pop. Hasilnya industri budaya didominasi oleh dua proses: standarisasi dan individualisasi semu. Artinya semakin hari lagu pop dikemas dengan video klip yang berbeda dengan penampilan para artis yang semakin seronok untuk menarik perhatian. Secara sadar para remaja putri berupaya melakukan proses identifikasi dirinya dengan idolanya


Keywords


video klip, budaya popular, identitas diri, remaja putri, feminisme

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Barker, Chris. 2000. Cultural Studies Teori & Praktik. Yogyakarta: Kreasi Wacana, Yogyakarta

Burton, Graeme. 2005. Media and Society Critical Perspectives. India: Rawat Publications, India

Castell, Manuel. 2004. The Power of Identity 2nd Edition. India: Blackwell Publishing EditorIdi Subandy Ibrahim.1997. LifestyleEctasy.

Yogyakarta dan Bandung: Jalasutra Ibrahim, Idi Subandy. 2007. Budaya Populer sebagai Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra

Strinati, Dominick. 1995. Popular Culture Pengatar menuju Teori Budaya Populer. Yogyakarta: Bentangof Communication 25(3) 2010

David R. Zemmels (2012) “Youth & NewMedia: Studying Identity & Meaning in an Evolving Media E n v i r o n m e n t ” . C o m m u n i c a t i o n Research Trends. Vol. 31 No.4

Jackson, Vares & Gill (2012) “The whoe Playboy Mansion Image: Girl fashioning & Fashioned selves with a Postfeminist Culture”. Jaime Glantz (2013) “Woman in Popular Musik Media. Sage Publishing

Jurnal:

Arun Saldanha (2002) “Musik, Space, Identity: Geographies of Youth Culture in Bangalore”. Cultural Studies 16(3) 2002. http://www.tandf.co.uk/journals

Linda Duits (2010) “The importance of Popular Media in Everyday Girl Culture”.European Journal




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v12i3.1445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats