Representasi Perdaaian Dalam Iklan Axe Peace “Make Love, Not War”

Iffah Shabrina

Abstract


Penderitaan dan rasa tidak aman yang dirasakan manusia di dunia akibat dari adanya perang menimbulkan perhatian dari berbagai pihak yang menginginkan terciptanya perdamaian. Salah satunya adalah dari produk Axe. Wujud perhatian dari Axe ditunjukkan melalui iklan dari produk baru yang diluncurkannya yakni Axe Peace. Penulis ingin mengetahui representasi perdamaian yang muncul dalam iklan Axe Peace “Make Love, Not War” yang sebelumnya iklan-iklan Axe selalu mengeksploitasi tentang sensualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan mengenai makna simbol-simbol, motif-motif, dan representasi perdamaian yang muncul dalam iklan Axe Peace “Make Love, Not War”. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotik Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini adalah representasi perdamaian digambarkan dari negara-negara yang dianggap sebagai negara berpotensi mengancam perdamaian dunia, antara lain Rusia, Korea Utara, Vietnam dan Iran yang kemudian memunculkan simbol-simbol yang digunakan untuk merepresentasikan perdamaian antara lain pelukan sebagai tanda persatuan, peletakan senjata sebagai tanda berhentinya penindasan, gambar hati sebagai tanda bahwa seseorang yang memiliki perasaan dapat menghilangkan aksi tidak berperikemanusiaan, dan kembang api sebagai tanda suka cita berakhirnya konflik di dunia ini. Axe bekerjasama dengan organisasi Peace One Day melalui iklan Axe Peace “Make Love, Not War” memiliki motif yakni berharap mampu meningkatkan awareness pada masyarakat tentang International Day of Peace yang diperingati pada 21 September setiap tahunnya untuk mengingat pentingnya perdamaian.

Keywords


Representasi, Perdamaian, Semiotika, Iklan, Axe

References


Barthes, Roland, 2006, Mitologi, Yogyakarta: Kreasi Wacana. Bungin, Burhan, 2001, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

------------, 2011, Konstruksi Sosial Media Massa, Jakarta: Kencana Prenada Media Group Danesi, Marcel, 2010, Pengantar Memahami Semiotika Media, Jalasutra, Y o g y a k a r t a .

------------, 2011, Pesan, Tanda, dan Makna; Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi, Yogyakarta: Jalasutra

Fiske, John, 2006, Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar P a l i n g Komprehensif, Jakarta: Jalasutra.

Hoed, Benny H., 2011, Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya, Jakarta: Komunitas B a m b u

Kurniawan, 2001, Semiologi Roland Barthes, Indonesiatera, Magelang.

Moleong, Lexy J., 2008, Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Cetakan 25, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Noviani, Ratna, 2002, Jalan Tengah Memahami Iklan, Pustaka Pelajar, Y o g y a k a r t a .

Perwita, Anak Agung Banyu, dan Nabilla Sabban, 2015, Kajian Konflik dan Perdamaian, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Piliang, Yasraf Amir, 2003, Hipersemiotika: Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna, Jalasutra, Yogyakarta.

------------, 2013, Semiotika Komunikasi Visual, Jalasutra, Yogyakarta.

Setia, Pandu, 2007, Amerika Mengobarkan Perang, Mediakita, Jakarta.

Sobur, Alex, 2009, Semiotika Komunikasi, P.T Rosdakarya, Bandung.

Vera, Nawiroh, 2014, Semiotika dalam Riset Komunikasi, Ghalia Indonesia, B o g o r .

Widyatama, Rendra, 2005, Pengantar Periklanan, Buana Pustaka Indonesia, J a k a r t a .

Kartini, Indriani, 2012,Peran Indonesia dalam Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB,Jurnal Pertahanan, Volume 2, Nomor 2. (Diunduh 20 Januari 2 0 1 5 ) .

Lestari, Menik dan Tri Yuniyanto, 2013, Mahmoud Ahmadinejad (Studi Pemikiran dan Dampak Pemikiran Politik Tahun 2005-2012), Jurnal FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta (Diunduh 24 April 2015).

Maulana, M. Asep, 2012, Program Proliferasi Nuklir Iran Era Presiden Mahmoud Ahmadinejad,(http://www.academia. edu/4917540/Program_Proliferasi_ Nuklir_Iran_Era_Presiden_Mahmoud_ Ahmadinejad,diakses pada 06 April 2015).

Voon, Annie, 2014, Pengenalan Boneka,(http:// www.scribd.com/doc/PengenalanBoneka, diaksespada 20 Maret 2015).

Yumitasari, dkk., 2014, Representasi Pendidikan Dan Perdamaian Di Papua Dalam Film “Di Timur Matahari” (Analisis Semiotika Tentang Makna Pendidikan Dan Perdamaian Di Papua Dalam Film “Di Timur Matahari” K a r y a Ali Sihasale), Jurnal FISIPUniversitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta (Diunduh 25 April 2015).




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v13i1.1449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats