Strategi Komunikasi Public Relations dan Citra Positif Organisasi (Kasus Public Relations Rumah Sakit “X” di Jakarta)

Nur Kholisoh, Yenita Yenita

Abstract


Rumah Sakit X adalah rumah sakit milik pemerintah, yang merupakan lembaga non-profit untuk memberikan pelayanan yang efektif dan efisien untuk semua anggota masyarakat. Rumah Sakit ini, melalui Divisi Humas wajib meningkatkan perannya dalam menjaga citra rumah sakit milik pemerintah di depan umum. Dalam rangka mengkomunikasikan hal-hal ini kepada publik, strategi tertentu dibutuhkan untuk menyampaikan pesan dengan benar. Sebagai upaya untuk meningkatkan citra Rumah Sakit, pendekatan hubungan yang harmonis diperlukan untuk membangun hubungan baik dengan publik internal dan eksternal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif melalui kegiatan FGD. Penelitian ini menemukan bahwa strategi Humas untuk meningkatkan citra Rumah Sakit di depan publik yang diterapkan melalui serangkaian kegiatan internal, seperti acara khusus, pertemuan kelembagaan, pertemuan forum diskusi, manajemen intranet-media, buletin internal serta serangkaian kegiatan eksternal, seperti sponsor, media gathering, kunjungan perusahaan, penampilan website perusahaan, pameran, dan seminar. Strategi yang dilakukan oleh Rumah Sakit “X” adalah strategi edukatif-informatif, yang ditunjukkan oleh kegiatan Humas Rumah Sakit “X” dalam menyampaikan berita dan informasi kepada masyarakat sesuai dengan fakta yang ada. Komunikasi yang dilakukan oleh Humas Rumah Sakit “X” adalah bentuk komunikasi dua arah dengan memegang prinsip keterbukaan serta memberikan pemahaman untuk meningkatkan citra Rumah Sakit “X” di depan publik internal dan eksternal.

Keywords


Strategi, Komunikasi, Public Relations, Gambar, dan Rumah Sakit

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Blythe, J. 2008. Essential of Marketing Communications. Third Edition. England: Pearson Education Limited.

Firsan, Nova. 2011. Crisis Public Bagaimana PR Krisis Perusahaan. Grafindo Persada.

Husaini, Usman. 2006. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Keller, Kevin Lane. 2008. Strategic Brand Management : Building, Measuring, And Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Moleong, L. J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moore, H. Frazier. 2004. Humas Membangun Citra Dengan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Petrison, L. A. & Wang, P. 2006. Integrated Marketing Communications

An Organizational Perspective. Marwah: Lawrence Erlbaum.

Rahmadi, F.2008. Public Relations dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rosady, Ruslan. 2007. Seri Manajemen Public Relations I. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Soemirat, Soleh & Ardianto. 2010. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Vardiansyah, Dani. 2008. Filsafat Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Wheelen, Thomas L. & Hunger, J. David. 2009. Strategic Management and Business Policy, Reading. Boston:

Addison-Wesley Publishing Company.

Wilcox, R. Philliph. & Agee, L. Warent. 2006. Public Relations Strategi dan Taktik. Bandung: Alfabeta.

Yin, Robert K. 2006. Study Kasus Desain & Metode. Jakarta: Grafindo Persada Yeshin, T. 2005. Integrated Marketing Communications: The Holistic Approach. The Chartered Institute of Marketing.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v13i3.1459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats