Strategi Keberhasilan Organisasi berdasarkan program Organizational Development and Change

Kasiria Waruwu

Abstract


Setiap organisasi menginginkan koordinasi yang terjalin baik dan berfungsi secara maksimal. Dengan demikian, antar anggota dan antar bagian di dalam organisasi dapat bekerjasama menjalankan tugas dan pekerjaannya, sehingga tercipta hubungan yang harmonis dan dinamis dalam rangka mencapai tujuan bersama secara cepat, tepat, efisien dan efektif.KORNIJA adalah akronim dari koordinasi, komunikasi dan kinerja yang merupakan usulan dari penulis untuk menjadikannya sebagai salah satu kunci keberhasilan suatu organisasi. Pembahasan dilakukan dengan penelitian kepustakaan, dan data- data yang digunakan merupakan data sekunder. Hasil telaah menggambarkan penyelenggaran KORNIJA sebagai strategi mencapai tujuan organisasi secara optimal. Kinerja optimal tercapai jika pegawai ditempatkan pada pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan dan keahliannya. Untuk memaksimalkan hasilnya, perlu mensinergiskan sumber daya dan fungsi dengan koordinasi dan komunikasi yang efisien dan efektif.Dengan demikian dapat dikatakan bahwa koordinasi dan komunikasi erat kaitannya dengan kinerja para pegawai dalam menjalankan setiap kegiatannya untuk mencapai tujuan organisasi.


Keywords


Organisasi, Koordinasi, Komunikasi, Kinerja, Manajemen

References


Effendy, Onong Uchjana, (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung :PT Citra Aditya Bakti.

Effendi, Onong Uchjana. (2006) Kepemimpinan dan Komunikasi. Bandung : Alumni.

Eni, Fitriyani. (2013). Analisis Kegiatan Komunikasi Organisasi Pada PT.

Kresna Duta Agroindo Perkebunan Sinar Mas Group Kecamatan Kombeng Kabupaten Kutai Timur. Kutai: eJurnal Ilmu Komunikasi Vol 1(2): 518-531. FISIP Universitas Mulawarman.

Handoko, T. Hani. (2009) Manajemen. Edisi 12. Yogyakarta : BPFE.

Hasibuan, S.P Malayu. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung.

Koontz, Harold dan O’Donnell, Cyril. (2012). Manajemen diterjemahkan oleh Antarikso, A. Firman, Agus Dharma dan Hendardi. Jakarta: Erlangga.

Mulyana, Deddy. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif : Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Rosda.

Pusat Pengembangan Bahan Ajar. (2012). Tata Tulis Karya Ilmiah: Bagian VI. Studi Kepustakaan. Pusat Pengembangan Bahan Ajar-UM.

Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi

Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta:PT. Rajagrafindo Perkasa.

Siagian, Sondang. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Tallman, S. and J. Li, 2006. Effects of International Diversity and Product Diversity on the Performance of Multinational Firms. The Academy of Management Journal, Vol.39, No.1

Wang, Y. and H. Lo, 2004. Customer-focused Performance and the Dynamic Model for Competences Building and Leveraging:

A Resource-based View. Journal of Management Development, Vol.22, No.6.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v14i1.2116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats