Perubahan Gaya Beriklan Hotel di Yogyakarta

Authors

  • Dwiki Baskorojati Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta
  • Muhammad Edy Susilo Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta
  • Ida Wiendijarti Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31315/jik.v14i1.2118

Keywords:

Iklan Hotel, Pesan, Analisis Isi

Abstract

Hotel di Yogyakarta menunjukkan pertambahan yang sangat pesat. Hal ini membuat persaingan hotel yang semakin ketat. Media promosi dibutuhkan dalam menjadi sarana iklan karena berbagai macam hotel maka berbagai macam pula pesan yang ingin disampaikan. Majalah “Kabare” dipilih karena merupakan majalah komunitas budaya di Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam membantu penelitian ini adalah metode analisis isi. Pelaksanaan penelitian dimulai pada bulan April 2014, dengan populasi majalah sebanyak 6 buah dan ditemukan 23 sampel populasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan iklan hotel yang ada pada majalah “Kabare” periode Oktober 2013 – Maret 2014 dengan unit analisis yang paling dominan yaitu hotel yang belum berklasifikasi. Diikuti dengan fungsi komunikasi iklan yang membangun citra dan menggunakan bahasa iklan non verbal visual. Selanjutnya menggunakan ad headline slogan, tidak menggunakan sub ad headline dan tidak menggunakan body text. Menggunakan closer dalam iklan, menggunakan illustration of the product setting, menggunakan logo dan tidak menggunakan slogan. Factual copy dan card copy menjadi pilihan dalam body copy. Pendekatan penyampaian pesan secara emotional dan juga menggunakan mulitple panel layout serta bleed layout. Dari unit analisis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pesan yang terdapat dalam iklan hotel tersebut adalah untuk membangun citra dan mengutamakan kenyamanan yang bisa didapatkan oleh tamu apabila menginap pada hotel tersebut. Pesan iklan ini dapat tersampaikan dengan baik kepada khalayak dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pihak pengiklan. 

References

Jefkins,Frank,1997, Periklanan, Erlangga: Jakarta.

Littlejohn, Stephen W dan Karen A. Foss, 2011, Teori Komunikasi, Salemba Humanika, Jakarta.

Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

PHRI Jogja http://kabaremagazine.com/tentang-kabare-magazine/

Published

2016-01-01

Issue

Section

Artikel