Religiusitas Sepak Bola dalam Rezim Media: Perspektif Fans Sepak Bola Indonesia

Iswandi Syahputra

Abstract


Sepakbola tidak hanya sebuah pertandingan dengan nuansa hiburan dan kompetisi. Sepakbola telah menjadi performa religious di dalam rezim media yang didorong melalui perubahan ekonomi, politik, budaya dan teknologi di mana relasi antara orang-orang, figure-figur agama, elit politik dan aktor-aktor media berkontestasi, berselisih dan digunakan industri media.Religiusitas sepakbola dalam industri media telah menstransformasi yang diperluas melalui jaringan media khususnya industri televisi. Para penggemar sepakbola tidak dapat dipisahkan dari sistem media dan industri media. Mereka memapankan dengan membangun sistem produksi budaya melalui club sepakbola dengan mode-mode yang mereka dapatkan. Dengan demikian pertandingan sepakbola di televisi dapat menggantikan dan menstransformasikan makna budaya dan agama.Sejumlah dimensi religiusitas sepakbola diinterpretasikan para penggila sepakbola sebagai strategi manajemen club sepakbola untuk memperkuat dan mengikat emosi mereka dan untuk mendapatkan penggemar baru

 


Keywords


Agama, Sepakbola, Industri Media, Rezim Media, Penggemar Sepakbola

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


“5 Klub Eropa Ini Bangun Masjid di Dalam Stadionnya”, liputan6.com,22 Juni 2015, http://bola.liputan6.com/read/2256869/5-klub-eropa-inibangun-masjid-di-dalam-stadionnya.

Abdullah, Amin, 2007, Islam dan Humanisme, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

“Alasan Pappis Cisse Tolak Kenakan Jersey Bersponsor Perusahaan Riba”, republika.co.id, 10 Juni 2013.

http://www.republika.co.id/berita/sepakbola/ligainggris/13/06/10/mo5vbealasan-pappis-cisse-tolak-kenakanjersey-bersponsor-perusahaan-riba.

“Arsenal Diingatkan Hormati Ritual Doa Mesut Oezil”, republika.co.id, 4 September 2013, http://www.republika.co.id/berita/sepakbola/freekick/13/09/04/mskotu-arsenal-diingatkanhormati-ritual-doa-mesut-oezil.

Berger, Peter L, The Desecularization of the World of A Global Overview, in Peter L. Berger (ed.), 1999, The Desecularization of the World : Resurgent Religion and World Politics, Washington: Ethics and Publics Policy Centre.

Cremers, Agus, 1995, Tahap-tahap Perkembangan Kepercayaan menurut James W. Fowler : Sebuah Gagasan Baru dalam Psikologi Agama, Jakarta : Penerbit Kanisius.

“Di Brazil, Peran Agama Penting dalam Sepak Bola”, bbc.co.uk, 22 Mei 2014, http://www.bbc.co.uk/indonesia/olahraga/2014/05/140521_

brazil_sepakbola_agama.

Durkheim, Emilie, 2001,The Elementary Forms of Religious Life,in Mark S. Cladis (ed), trans, By Carol Cosman USA: Oxford University Press.

Fiske, Jhon, 1987, Television Culture, London : Routledge.

Foer, Franklin, 2006,Memahami Dunia Lewat Sepak Bola, trans, Alfinto

Wahhab Jakarta: Marjin Kiri.

Hartley, John, 2004,Communication, Cultural and Media Studies, London : Routledge.

Hjarvard, Stig, 2011, “The Mediatization of Religion: A Theory of the Media as an Agent of Religious Change”, Culture and Religion, Vol. 12, No. 2.

“Hubungan Agama dan Olahraga”, bbc.com, 29 Mei 2011,http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2011/05/110528_agama_olahraga.shtm l.

Huizinga, Johan, 1995. Homo Ludens: A Study of the Play-Element in

Culture, Boston: Beacon Press.

Kennedy, Eddward S, 2014,Sepak Bola Seribu Tafsir, Yogyakarta : Indie Book Corner.

Novak, Michael, 1976,The Joy of Sports: End Zones, Bases, Baskets, Balls, and the Consecration of the American Spirit, New York: Basic Books, Inc., Publishers.

Santosa, Hedi Pudjo, 2014, “Olahraga, Komunikasi, dan Multikulturalisme: Dimensi Sosial Sepak Bola di Indonesia”, in Fajar Junaedi (ed), Sport, Komunikasi, dan Audiens, Yogyakarta: Aspikom, Fikom Untar dan Prodi Ilmu Komunikasi UAJY.

Smith, Aaron C.T, 2008, Introduction of Sports Marketing. Burlington : Elsevier.

Syahputra, Iswandi, 2013, Rezim Media, Jakarta: Gramedia.

Turner, Bryan S, 1991,Religion and Social Theory, London : Sage Publication.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v14i2.2122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats