Pemberdayaan Perempuan Melalui Siaran Radio yang Berperspektif Gender

Sulih Indra Dewi, Akhirul Aminulloh

Abstract


Keberadaan perempuan di ranah publik masih dianggap sebelah mata sampai saat ini. Hampir semua sektor publik, baik pemerintah maupun swasta juga masih didominasi oleh laki-laki. Kenyataan ini yang menjadikan semua pihak terus berupaya memberi kesadaran pada perempuan agar perempuan mampu dan sejajar dengan laki-laki dengan berbagai macam cara dan program. Salah satu cara tersebut adalah melalui siaran media massa terutama radio. Media massa dianggap memiliki kekuatan yang besar terhadap khalayaknya dalam mempengaruhi dan mengarahkan opini publik. Radio merupakan salah satu media komunikasi yang memiliki segmentasi audiens yang khusus dan masih cukup diminati di kota Malang. Kekhasan radio sebagai media yang intim dan personal mampu membuat pendengarnya tetap setia untuk mendengarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran media komunikasi radio dalam upaya pemberdayaan perempuan khususnya di bidang politik dan hak-hak publik bagi perempuan. Penelitian ini akan dilakukan di radio MAS FM dan Kosmonita Malang. Radio MAS FM merupakan radio dengan segmentasi keluarga sedangkan radio Kosmonita merupakan radio untuk perempuan dan keluarga. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Adapun analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagai media massa, kedua radio telah melakukan fungsinya sebagai media hiburan dan informasi. Namun kedua radio belum menggunakan kekuataannya secara maksimal untuk mendidik perempuan dan berpartisipasi dalam upaya pemberdayaan perempuan terutama terkait dengan pemahaman hak-hak perempuan di ruang publik. Program radio yang dibuat masih berfokus pada ruang domestik perempuan. Meskipun demikian beberapa program di Radio Kosmonita Malang ternyata sudah menyentuh hak perempuan di ruang publik dibandingkan dengan radio MAS FM.


Keywords


Pemberdayaan Perempuan, Siaran Radio, Gender

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifin, Hamid. 2007. Representasi Perempuan dalam Pers. Jurnal Komunikasi Massa. Vol. 1, No. 1, Juli 2007. Hal. 8-17

Biagi, S 2010. Media/Impact: An Introduction to Mass Media. Jakarta: Salemba Humanika.

Effendy, Onong Uchajana 2006. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek,

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Haryati. 2012. Konstruktivisme Bias Gender dalam Media Massa. Jurnal Observasi. Vol. 10, No. 1, 2012. Hal. 29-40.

Littlejohn, S 2009. Teori Komunikasi: Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika.

Miles, Matthew B. Dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. (Edisi terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press.

Mondry 2008. Pemahaman Teori dan Praktek Jurnalistik, Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurudin 2007. Pengantar Komunikasi Massa,Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sasongko, Sri Sundari 2007, Konsep dan Teori Gender, Jakarta: BKKBN Pusat.

Supratman, Lucy Pujasari. 2012. Representasi Citra Perempuan di Media. Jurnal Observasi. Vol. 10, No. 1, 2012. Hal. 29-40.

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

United Nation, 2005. Gender Equality and Empowerment of Women Through ICT. New York: Department of Public Information United Nations.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v14i2.2123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats