Pola Komunikasi Organisasi Kepemimpinan Strategis di PT TelkomSel
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v16i1.2680Keywords:
Kepemimpinan Strategis, Manager, Komunikasi OrganisasiAbstract
Peningkatan pengguna produk Kartu HALO, Simpati, As dan Loop di PT Telkomsel Ambon di Wilayah Papua dan Maluku terus berkembang pesat. Loyalitas masyarakat pengguna produk kartu HALO Telkomsel mengungguli produk telekomunikasi pesaing lainnya yang menguasai 97% market share di Papua Maluku. Keberhasilan PT Telkomsel Ambon mempertahankan loyalitas pembeli kartu HALO dikarenakan peran strategis manager yang mengaplikasikan Model Kepemimpinan Startegis pada seluruh Divisi PT Telkomsel Ambon yang berjumlah 5 Divisi, yaitu Divisi Broadband and Digital Sales, Divisi Sales and Outlet Operations, Divisi Youth and Community, Divisi High Valuable Customer dan Divisi Finance. Model Kepemimpinan Strategis Manager ini dilakukan agar tercipta hubungan yang harmonis antara para supervisor Divisi dan Staff untuk meingkatkan motivasi kebersamaam membangun perusahaan. Begitu juga dalam menghadapi konflik internal maupun eksternal, manager akan dengan mudah membentuk kohesivitas para Supervisor Divisi dan Staff dalam pencarian solusi bersama.
References
Atkin, Douglas. The Culting of Brands: When Customers Become True Believers. USA: Penguin Group Inc. 2006.
Lincoln Yvonna S. dan Egon G. Guba. 1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills: Sage.
Luthans . 1995. Organizational Behavior. Tokyo: Mc Graw-hill Kogakhusa. Ltd.
Mulyana, Deddy. 2005.Metode Penelitian Komunikasi: Contoh-contoh Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pace, R. Wayne dan Don F. Faules. 2006. Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Robbins, Stephen P. 2003. Perilaku Organisasi. Penerjemah Tim Indeks. Jakarta : PT. Indeks, Gramedia Grup.
Rogers, E., and R. Agarwala-Rogers. Communication in Organizations.
New York: Free Press.
Supratman, Lucy Pujasari. 2011. Komunikasi Terbuka Pimpinan bagi Efektifitas Kinerja Komunikasi Organisasi. Bandung: Ragam Komunika Vol 5 No1. Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika.
Supratman, Lucy Pujasari dan M Haidy Zulfikar. Studi Kasus tentang Model Komunikasi organisasi supervisor dalam membangun teamwork di divisi broadband & digital sales. Jurnal Sosioteknologi 15 (2), 213-220, 2016.
Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Tjosvold D, Poon M, Yu Z. 2005. Team effectiveness in China: cooperative conflict for relationship building. Human Relations.
Weingart LR, De Dreu CKW. 2003. Task versus relationship conflict, team performance, and team member satisfaction: a meta analysis. Journal of Applied Psychology.
Yin, Robert K. 2008. Studi Kasus: Desain & Metode. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Noor, Achmad Rouzni. Telkomsel Kuasai 97% Seluler d Papua-Maluku. Jumat, 5 September 2014. Diakses pada bulan Juli 2015.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.