Model Komunikasi Sosial Laki-Laki Feminim
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v16i3.3208Keywords:
Konstruksi Sosial, Laki-laki, Feminin, Konstruktivisme, KualitatifAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena sosial laki-laki feminim yang muncul tidak hanya di kota-kota besar saja, akan tetapi muncul seperti halnya di Kota Garut sebagai bagian dari wilayah Provinsi Jawa Barat. Fenomena sosial laki-laki feminim ini dipengaruhi oleh pergaulan, gaya hidup dan budaya dari luar serta faktor dari keluarga yang menjadi seorang laki-laki feminim. Adapun tujuan penelitian ini untuk menemukan dan menjelaskan tentang model komunikasi dan realitas sosial laki-laki feminin ditinjau dari segi eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi. Adapun metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif serta paradigma konstruktivisme dengan tujuan untuk menemukan serta menggambarkan model komunikasi dan realitas sosial laki-laki feminim ditinjau dari segi eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi sosial laki-laki feminim dilihat dari segi eksternalisasi mendapatkan pengaruh dari dalam dan luar yang membentuk identitas dirinya.
References
Fakih, M. 1996. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.
Halberstam, J. 1998. Female Masculinity. Durham: Duke University Press.
Manda, D, & Suardi. 2016. Perempuan Maskulin. Jurnal Pendidikan Equilibrium, 2(1), 57-66.
Morissan, et al. 2013. Teori Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurhayati, Siti Sofia. 2015. “Fashion Sebagai Konstruksi Identitas” (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Konstruksi Identitas Remaja Perempuan Penggemar Foto Style Outfit of The Day/OOTD di SMAN 11 Garut). Skripsi. Universitas Garut.
Nurhadi, Zikri Fachrul. 2015. Teori-teori Komunikasi, Teori Komunikasi Dalam Perspektif Kualitatif. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rubent, B., & Lea P, S. 2013. Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yulia, R. 2016. “Refresentasi Nilai-Nilai Maskulinitas Baru”: Sebuah Analisis Semiotika Pada Tokoh Michael Vaughn Dalam Film Serial TV Alias. Skripsi. Surabaya, Indonesia: Fakultas Ilmu Sosial
dan Ilmu Politik; Universitas Airlangga.
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.