Model Komunikasi Sosial Laki-Laki Feminim

Authors

  • Zikri Fachrul Nurhadi Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.31315/jik.v16i3.3208

Keywords:

Konstruksi Sosial, Laki-laki, Feminin, Konstruktivisme, Kualitatif

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena sosial laki-laki feminim yang muncul tidak hanya di kota-kota besar saja, akan tetapi muncul seperti halnya di Kota Garut sebagai bagian dari wilayah Provinsi Jawa Barat. Fenomena sosial laki-laki feminim ini dipengaruhi oleh pergaulan, gaya hidup dan budaya dari luar serta faktor dari keluarga yang menjadi seorang laki-laki feminim. Adapun tujuan penelitian ini untuk menemukan dan menjelaskan tentang model komunikasi dan realitas sosial laki-laki feminin ditinjau dari segi eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi. Adapun metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif serta paradigma konstruktivisme dengan tujuan untuk menemukan serta menggambarkan model komunikasi dan realitas sosial laki-laki feminim ditinjau dari segi eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi sosial laki-laki feminim dilihat dari segi eksternalisasi mendapatkan pengaruh dari dalam dan luar yang membentuk identitas dirinya.

References

Fakih, M. 1996. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Halberstam, J. 1998. Female Masculinity. Durham: Duke University Press.

Manda, D, & Suardi. 2016. Perempuan Maskulin. Jurnal Pendidikan Equilibrium, 2(1), 57-66.

Morissan, et al. 2013. Teori Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurhayati, Siti Sofia. 2015. “Fashion Sebagai Konstruksi Identitas” (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Konstruksi Identitas Remaja Perempuan Penggemar Foto Style Outfit of The Day/OOTD di SMAN 11 Garut). Skripsi. Universitas Garut.

Nurhadi, Zikri Fachrul. 2015. Teori-teori Komunikasi, Teori Komunikasi Dalam Perspektif Kualitatif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rubent, B., & Lea P, S. 2013. Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yulia, R. 2016. “Refresentasi Nilai-Nilai Maskulinitas Baru”: Sebuah Analisis Semiotika Pada Tokoh Michael Vaughn Dalam Film Serial TV Alias. Skripsi. Surabaya, Indonesia: Fakultas Ilmu Sosial

dan Ilmu Politik; Universitas Airlangga.

Downloads

Issue

Section

Artikel