Model Komunikasi Sosial Laki-Laki Feminim
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena sosial laki-laki feminim yang muncul tidak hanya di kota-kota besar saja, akan tetapi muncul seperti halnya di Kota Garut sebagai bagian dari wilayah Provinsi Jawa Barat. Fenomena sosial laki-laki feminim ini dipengaruhi oleh pergaulan, gaya hidup dan budaya dari luar serta faktor dari keluarga yang menjadi seorang laki-laki feminim. Adapun tujuan penelitian ini untuk menemukan dan menjelaskan tentang model komunikasi dan realitas sosial laki-laki feminin ditinjau dari segi eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi. Adapun metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif serta paradigma konstruktivisme dengan tujuan untuk menemukan serta menggambarkan model komunikasi dan realitas sosial laki-laki feminim ditinjau dari segi eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi sosial laki-laki feminim dilihat dari segi eksternalisasi mendapatkan pengaruh dari dalam dan luar yang membentuk identitas dirinya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fakih, M. 1996. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.
Halberstam, J. 1998. Female Masculinity. Durham: Duke University Press.
Manda, D, & Suardi. 2016. Perempuan Maskulin. Jurnal Pendidikan Equilibrium, 2(1), 57-66.
Morissan, et al. 2013. Teori Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurhayati, Siti Sofia. 2015. “Fashion Sebagai Konstruksi Identitas” (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Konstruksi Identitas Remaja Perempuan Penggemar Foto Style Outfit of The Day/OOTD di SMAN 11 Garut). Skripsi. Universitas Garut.
Nurhadi, Zikri Fachrul. 2015. Teori-teori Komunikasi, Teori Komunikasi Dalam Perspektif Kualitatif. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rubent, B., & Lea P, S. 2013. Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yulia, R. 2016. “Refresentasi Nilai-Nilai Maskulinitas Baru”: Sebuah Analisis Semiotika Pada Tokoh Michael Vaughn Dalam Film Serial TV Alias. Skripsi. Surabaya, Indonesia: Fakultas Ilmu Sosial
dan Ilmu Politik; Universitas Airlangga.
DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v16i3.3208
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi
Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:
Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)
Alamat:
Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268
Fax: (0274)487147
Email: jik@upnyk.ac.id