Spanduk dan Stiker sebagai Media Komunikasi untuk Melaporkan Peristiwa Kependudukan

Irdam Ahmad

Abstract


Pelaksanaan Pemilu 2009 yang lalu ditandai dengan banyaknya penduduk yang kehilangan hak pilihnya karena namanya tidak terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT), jumlahnya diperkirakan mencapai 49,6 juta pemilih. Salah satu penyebab tidak terdaftarnya nama penduduk pada DPTkarena mereka atau keluarganya tidak melaporkan peristiwa kependudukan yang terjadi (karena pindah, datang maupun meninggal). Penelitian ini ingin mengetahui apakah ada perbedaan proporsi penduduk yang melaporkan peristiwa kependudukan (kelahiran, kematian, pindah atau datang, menikah dan bercerai) pada tiga desa dengan menggunakan media komunikasi yang berbeda-beda,yaitu antara desa yang menggunakan media komunikasi spanduk dengan desa yang menggunakan media komunikasi stiker serta desa yang tidak menggunakan media komunikasi. Spanduk dan stiker digunakan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat agar mereka mau melaporkan peristiwa kependudukan yang terjadi dalamkeluarganya. Metode penelitian yang digunakan adalah survei, sedangkan pemilihan sampel dilakukan dengan cara three-stage random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pengujian hipotesis perbedaan proporsi dua populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang significant dalam pelaporan peristiwa kependudukan antara penduduk yang tinggal di desa yang menggunakan spanduk sebagai media komunikasi dengan penduduk yang tinggal di desa yang menggunakan stiker sebagai media komunikasi serta penduduk yang tinggal di desa yang tidak menggunakan media komunikasi.


Keywords


media komunikasi; peristiwa kependudukan

Full Text:

PDF (INDONESIAN)

References


Chandra, Gregorius, 2002, Strategi dalam Pemasaran, dalam Isbandiyah HS, 2008, Wajah Spanduk Solidaritas Gempa Yogyakarta: Tinjauan dari Perspektif Komunikasi, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Volume 11, Nomor 3, Maret 2008.

http://www.state.gov/r/pa/ei/bgn/2748.htm

Isbandiyah HS, 2008, Wajah Spanduk Solidaritas Gempa Yogyakarta: Tinjauan dari Perspektif Komunikasi, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Volume 11, Nomor 3, Maret 2008.

Karningtyas, Maria Anggita; Ida Wiendijarti dan Agung Prabowo, 2009, Pola Komunikasi Interpersonal Anak Autis di Sekolah Autis Fajar Nugraha Yogyakarta, Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 7, Nomor 2, Mei-Agustus 2009, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta.

Lestari, Puji dan Machya Astuti Dewi, 2010, Model Komunikasi dalam Sosialisasi Pengarusutamaan Gender dan Anggaran Responsif Gender di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 8, Nomor 2, Mei-Agustus 2010, Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta dan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI).

Lind, Marchal dan Wathen, 2008, Statistical Techniques in Business and Economics With Global Data Sets, Edisi 13, Mc-Graw Hill.

Mulyana, Deddy, 2001, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, dalam Isbandiyah HS, 2008, Wajah Spanduk Solidaritas Gempa Yogyakarta: Tinjauan dari Perspektif Komunikasi, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Volume 11, Nomor 3, Maret 2008.

Mulyani, Sri, 2008, Diksi dan Struktur Fungsional Kalimat Dalam Spanduk Anti Narkoba, Skripsi tidak diterbitkan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Mulyani, Tri Wanti, 2010, Analisis Tindak Tutur Pada Wacana Stiker Plesetan, Skripsi tidak diterbitkan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nugroho, Purwoko Widi, 2010, Perancangan Komunikasi Visual sebagai Media Promosi Play Group dan TK Elim, Sragen, Skripsi tidak diterbitkan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Nursahid, Fajar, 2009, Kisruh DPT, Rawan Gugatan”, Harian SINDO, 29 Maret 2009.

Rohani, Ahmad, HM, 1997, Media Komunikasi Edukatif, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Santoso, Setio Budi, 2010, Media Komunikasi Visual sebagai Penunjang Promosi Katering Nayaka, Skripsi tidak diterbitkan, Program Studi Komunikasi Visual, Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Universitas Sebelas Maret.

Situmorang, Robinson danAtwi Suparman, 1998, Pengajaran dengan Media: Rahasia Mengajar yang Sukses.

Sulaksana, Uyung, 2007, Integrated Marketing Communication, Text dan Kasus, dalam Isbandiyah HS, 2008, Wajah Spanduk Solidaritas Gempa Yogyakarta : Tinjauan dari Perspektif Komunikasi, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Volume 11, Nomor 3, Maret 2008.

Susilo, Muhammad Edy dan Prayudi, 2007, Strategi Komunikasi untuk Penyadaran dan Pemberdayaan Konsumen di DI Yogyakarta, Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 5, Nomor 2, Mei-Agustus 2007, Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta.

Wicaksono, Endarso ; M. Edy Susilo dan Puji Lestari, 2008, Iklan Luar Ruang : Antara Kepentingan Ekonomi dan Kepentingan Publik, Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 6, Nomor 2, Mei-Agustus 2008, Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

 


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats