Jaringan Komunikasi tentang Isu Polemik Audisi Perkumpulan Bulutangkis Djarum tahun 2019 di Twitter
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v18i2.3552Keywords:
Jaringan Komunikasi, Media Baru, Media Sosial, Twitter, PB DjarumAbstract
Permasalahan isu polemik audisi Perkumpulan Bulutangkis (PB) Djarum 2019 memunculkan banyak interaksi sehingga menarik perhatian masyarakat Indonesia. Pola interaksi di Twitter tersebut dapat diketahui dengan jaringan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jaringan komunikasi terpusat tentang masalah polemik PB di Twitter oleh akun @PBDjarum dan @lenteraanak_. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan penambangan data di Twitter dengan bantuan perangkat lunak Gephi. Analisis data menggunakan analisis jaringan komunikasi terpusat yang terbagi pada analisis tingkat aktor, kelompok, dan struktur jaringan. Hasil penelitian berupa jaringan komunikasi terpusat oleh akun @PBDjarum yang menghasilkan interaksi dengan 604 akun, 13 kelompok perantara, dan struktur jaringan yang kuat. Sementara jaringan komunikasi terpusat oleh akun @lenteraanak_ menghasilkan interaksi dengan 253 akun, 16 kelompok perantara, dan struktur jaringan yang kuat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa jaringan komunikasi terpusat oleh akun @PBDjarum dan @lenteraanak_ di Twitter tentang polemik audisi PB Djarum telah menyebabkan banyak interaksi dengan akun lain sehingga perkembangan masalah tersebut dengan cepat menyebar ke berbagai masyarakat Indonesia. Substansi penelitian ini memberikan metode baru berupa analisis jaringan komunikasi tentang sebuah isu yang bisa membedakan karakteristik jaringan komunikasi terpusat pada setiap akun di Twitter.References
Carey, J. W. (2008). Communication as culture: Essays on media and society (Revisi). In Communication as Culture: Essays on Media and Society: Revised Edition. https://doi.org/10.4324/9780203928912
Carr, C. T., & Hayes, R. A. (2015). Social Media: Defining, Developing, and Divining. Atlantic Journal of Communication, 23(1), 46–65. https://doi.org/10.1080/15456870.2015.972282
Cherven, K. (2013). Network graph analysis and visualization with Gephi : visualize and analyze your data swiftly using dynamic network graphs built with Gephi. Birmingham: Packt Publishing.
Cherven, K. (2015). Mastering Gephi Network Visualization. Diambil 25 Agustus 2020, dari http://www.amazon.com/Mastering-Gephi-Network-Visualization-Cherven/dp/1783987340/ref=sr_1_1?ie=UTF8&qid=1430851698&sr=8-1&keywords=Mastering+Gephi+Network+Visualization
Coleman, J. S. (1988). Social Capital In The Creation Of Human Capital. Knowledge and Social Capital, 94, 17–42. https://doi.org/10.1086/228943
Eriyanto. (2014). Analisis Jaringan Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Fernandez, R. M., & Gould, R. V. (1994). A Dilemma of State Power: Brokerage and Influence in the National Health Policy Domain. American Journal of Sociology, 99(6), 1455–1491. https://doi.org/10.1086/230451
Firmansyah, M. A. (2018). Kontestasi Pesan Politik dalam Kampanye Pilpres 2014 di Twitter : Dari Kultwit Hingga Twitwar. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(1), 42–53. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2681
Granovetter, M. S. (1973). The strength of weak ties In Social networks. American Journal of Sociology, 78(6), 1360–1380. https://doi.org/10.1017/S0269889712000130
Holmes, D. (2005). Communication Theory: Media, technology and society. London: SAGE Publications.
Jk, S. (2017). Jaringan Komunikasi tentang Inovasi Obyek dan Strategi Kelompok Pengemis di Kampung Padangan di Kota Solo. 15(2), 120–133. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2160
Kadushin, C. (2012). Understanding Social Networks: Theories, Concepts and Findings. New York: Oxford University Press.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Lazega, E., & Burt, R. S. (1995). Structural Holes: The Social Structure of Competition. In Revue Française de Sociologie, 36(4), 779-781. https://doi.org/10.2307/3322456
Lipschultz, J. H. (2017). Organizations, HR, CSR, and Their Social Networks: “Sustainability” on Twitter. Corporate Social Responsibility, Sustainability, and Ethical Public Relations, 35–52. https://doi.org/10.1108/978-1-78714-585-620181002
Murthy, D. (2013). Twitter: Digital Media and Society Series. Cambridge: Polity Press.
Nandiwardhana, B. G., Pratama, B. I., & Tamitiadini, D. (2019). Study of Communication Network Travel-Related eWOM on Instagram Social Media. Journal Pekommas, 4(1), 97-110. https://doi.org/10.30818/jpkm.2019.2040110
Ramadhani, D. P., Alamsyah, A., & Wicaksono, M. B. (2018). Eksplorasi Pemimpin Opini Untuk Alternatif Pendukung Pemasaran Pt. Net Mediatama Indonesia Menggunakan Metode Analisis Jejaring Sosial Dengan Kata Kunci “@ Netmediatama ” Di Twitter. Jurnal Wacana Ekonomi, 17(2), 13–24. Diakses dari https://journal.uniga.ac.id/index.php/JA/article/view/331
Reilly, T. O., & Milstein, S. (2009). The Twitter Book. California: O’Reilly Media.
Russell, M., & Klassen, M. (2019). Mining the Social Web: Data Mining Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, GitHub, and More (Third). California: O’Reilly Media.
Sugiarta, A. I., Syamsuar, D., & Negara, E. S. (2018). Analisis Sentralitas Aktor pada Struktur Jaringan Politik dengan Menggunakan Metode Social Network Analysis ( SNA ) : Studi Kasus Group Facebook Lembaga Survei Sosial Media. Semnastik, 1–7. Palembang.
Tomasoa, L., Iriani, A., & Sembiring, I. (2019). Ekstraksi Knowledge tentang Penyebaran #Ratnamiliksiapa pada Jejaring Sosial (Twitter) menggunakan Social Network Analysis (SNA). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(6), 677–686. https://doi.org/10.25126/jtiik.2019661710
Wardyaningrum, D. (2010). Pola Komunikasi Keluarga dalam Menentukan Konsumsi Nutrisi bagi Anggota Keluarga. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(3), 289–298. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/137
Wasserman, S., & Faust, K. (1994). Social Network Analysis: Methods and Applications. Cambridge: Cambridge University Press.
We Are Social, & Hootsuite. (2019). Digital Data Overvew 2019: Indonesia. In Global Digital Insights. Diambil 16 Mei 2020, dari https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.