Kajian Retorika Untuk Pengembangan Pengetahuan dan Ketrampilan Berpidato

Isbandi Sutrisno, Ida Wiendijarti

Abstract


Retorika adalah salah satu tradisi dalam ilmu komunikasi.Para ilmuwan komunikasi seharusnya menguasai segi praktis dan teoritik dalam ilmu komunikasi termasuk dalam bidang retorikakemampuan berpidato. Karena itu diperlukan kajian dan riset yang lebih banyak lagi pada bidang retorika. Pesan informatif, persuasif dan pesan-pesan kreatif yang menjadi domain kajian retorika seharusnya dikuasai mahasiswa ilmu komunikasi yang mencakup kemampuan berdiskusi, berdebat, bernegosiasi, presentasi, interview dan seterusnya. Hasilnya menunjukkan bahwa teori retorika dari Aristoteles dan Cicero menjadi rujukan di dalam mengembangkan kemampuan dan ketrampilan berpidato. Dalam teori retorika Aristoteles, terdapat lima tahap dalam melakukan persiapan pidato: invensio, disposisi, elokusio, memoria dan pronounsiasi. Sementara dalam teori retorika Cicero mencakup tahapan pengajaran, menggugah dan berlangsung. Simpulannya, penerapan terhadap teori retorika Aristoteles dan Cicero dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi khususnya dalam berpidato.

Keywords


Teori retorika, pidato informatif, pidato kreatif dan pidato persuasif

References


Abidin, Yusuf Zainal, 2013, Pengantar Retorika, Bandung: Pustaka Setia.

Agung, Arman. 1989. Laporan Program Pembelajaran Pendidikan Kader (Materi Retorika).Ujung Pandang: IKIP Gunung Sari Baru

Arsjad, Maidar G. dan Mukti US. 1993. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Artha, Arwan Tuti, 2002, Menciptakan Bahasa Dakwah Yang Gramatikal, Jurnal Dakwah, Nomor 5, tahun III, Juli – Desember, Yogyakarta:Fakultas Dakwah IAIN Sunan Kalijaga.

Bettinghaus, Erwin P. 1980. Persuasive Communication. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Harahap, Nasrudin, 2003, Interaksi Sosial pada Penduduk Lokal daerah Transmigrasi, Jurnal Populis, Edisi Nomor 3, Yogyakarta: LKPM IAIN Sunan Kalijaga.

Hardjana, Andre A, 1999, Perkembangan Penelitian Ilmu Komunikasi di Perguruan Tinggi, Catatan Pendahuluan, Jurnal Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Volume 2, April, Remaja Rosdakarya dan ISKI, Bandung.

Hendrikus, Dori Wuwur, 1991, Retorika, Terampil berpidato, berdiskusi, berargumentasi, bernegosiasi, Yogyakarta: Kanisius.

Marheni, 2012, Menggagas Periklanan Televisi yang Santun Dengan Mengangkat Kearifan Lokal Bahasa Jawa, Prosiding Seminar Nasional, ISBN. 978-979- 9204-63-9, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP, UNSOED Purwokerto.

Olii, Helena, 2013, Public Speaking, Jakarta: Indeks. Rakhmat, Jalaluddin. 1992. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Rakhmat, Jalaluddin, 2008, Retorika Modern Pendekatan Praktis, Bandung: Rosdakarya.

Raharjo, Turnomo, 2005, Cetak Biru dalam Teori Komunikasi, Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 3, nomor. 3, September - Desember, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPN ”Veteran” Yogyakarta.

Richard, DP. West, 2008, Pengantar Teori Komunikasi: Teori dan Aplikasi: Jakarta:Salemba Humanika.

Smith, Donald K. 1969. Man Speaking: A Rhetoric of Public Speech. New Jersey: Dodd Mead.

Suhandang, Kustadi, 2009, Retorika : Strategi, Teknik dan Taktik Berpidato, Jakarta: Nuansa.

Suparno, Basuki Agus, 2010, Kontestasi Makna dan Dramatisme Komunikasi Politik tentang Reformasi di Indonesia, Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 8, nomor. 1, Januari – April, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPN ”Veteran” Yogyakarta.

Sutopo, HB, 2002, Metode Penelitian Kualitatif, Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret Press.

Sumber internet :

http://id.m.wikipedia/definisi retorika, akses 5 Maret 2013.

http://nesaci.com/pengertian-dan -prinsip dasar retorika, di akses 5 Maret 2013




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v12i1.359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats