Konflik Komunikasi Dalam Penyuluhan Pertanian Di Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan

Kartika Ekasari Z, M. Saleh S. Ali, Darmawan Salman, Akhsan Akhsan, A. Kasirang

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses sosial antarpelaku pada penyuluhan pertanian berbasis rekayasa sosial dan pembelajaran sosial, memetakan pola komunikasi pada penyuluhan pertanian, mengidentifikasi bentuk dan sumber konflik komunikasi, dan menganalisis fungsi konflik dalam penyuluhan pertanian berbasis rekayasa sosial dan pembelajaran sosial terhadap keberlanjutan penyelenggaraan penyuluhan pertanian.Pemilihan lokasi dilakukan secara purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian: Proses sosial dalam bentuk kerjasama yang dilakukan oleh pelaku dalam penyelenggaraan penyuluhan pertanian berbasis rekayasa sosial lebih banyak terlihat jika ada proyek, sedangkan pada pembelajaran sosial sosial telah mengarah kepada bentuk kerjasama karena adanya kepentingan yang sama untuk mencapai tujuan bersama.Pada penyelenggaraan penyuluhan pertanian berbasis rekayasa sosial model komunikasi yang digunakan adalah model komunikasi linier, sedangkan pada pembelajaran sosial menggunakan model komunikasi konverge.Konflik yang terjadi pada pada penyelenggaraan penyuluhan pertanian berbasis rekayasa sosial umumnya bersifat laten, sedangkan pada pembelajaran sosial umumnya bersifat di permukaan.Konflik dalam penyelenggaraan penyuluhan berbasis rekayasa sosial cenderung dihindari dan dibiarkan tersembunyi, sedangkan pada pembelajaran sosial konflik yang terjadi dikelola dan dijadikan sebagai pendorong bagi setiap pelaku untuk mandiri.

Keywords


Interaksi, Komunikasi, Konflik

References


Abbas, Syamsuddin, 1995. Sembilan Puluh Tahun Penyuluhan Pertanian di Indonesia (1905–1995). Jakarta: Badan Pendidikan dan Latihan Pertanian. Departemen Pertanian.

Allen W. and Kilvington M. 2002. Sustainable Development Extension. Wellington: MAF.

Dewi Ladiawati, 1998 Pola Komunikasi Masyarakat Dayak dan Pendatang: Ditinjau dari Segi Komunikasi Sosial, Sosial Ekonomi, serta Persepsi Sosial (Studi Kasus Kelompok Etnis Dayak Kanayatn dengan Kelompok Etnis Cina, Melayu, Bugis, Madura, dan Jawa dalam Konteks Komunikasi Antar Budaya di Desa Korek, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Pontianak, Kalimantan Barat) http://www.digilib.ui.ac.id/ opac/ themes/ libri2/ detail. jsp?id=77817

E.A. Munro, R. J. Manthel, J.J. Small., 1983. Penyuluhan Suatu Pendekatan Berdasarkan Ketrampilan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Fajar, Marhaeni. 2009. Ilmu Komunikasi; Teori dan Praktek. Jakarta Barat: Graha Ilmu.

Hafsah, J.M., 2002. Paradigma Baru Penyuluhan Pertanian. Makalah disajikan pada Lokakarya Penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian dalam Pembangunan Sistem dan Usaha Agribisnis. Makassar: Dirjen Bina Produksi Tanaman Pangan 21 Oktober.

Hamilton, N.A. 1995. Leaning to Learn with Farmers. 1.ed. Wageningen.

Kifli, Gontom Citoro, 2002. Pengaruh Komunikasi Petani Padi dalam Penerapan Usaha Tani Tanaman Pangan: Kasus Desa Kalibuaya, Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang. Program Pascasarjana IPB. Bogor. http://repository.ipb. ac.id/handle/123456789/673 4

Mansjur., S., 1997. Pengelolaan Jasa Informasi Pertanian dan Kepustakaan. Modul Pelatihan dan Pengkajian Sistem Usahatani Spesifik Lokasi Dengan Pendekatan Farming Sistem Development Di Bogor.

Mardikanto. Totok. 1993. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Marius Ardu Jelamu, dkk, 2006. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Penyuluh terhadap Kompetensi Penyuluh di Nusa Tenggara Timur; Jurnal Penyuluhan Vol. 3 no. 2. Institut Pertanian Bogor (IPB). Bogor.

Masmuh, Abdullah, 2008. Komunikasi Organisasi dalam Perspektif Teori dan Praktek. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Martaamidjaya, A. Soedrajat. 1999. Challenges for Today’s Research and Extension Community. CASERJIRCAS International Workshop on Learning from the Farming Sistem Research Experience in Indonesia, 3-4 March 1999. Bogor-Indonesia.

M. Poloma, 2007. Sosiologi Kontemporer. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Mulyana, D, 2006. Metodologi penelitian kualitatif. Paradigma baru ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya. Bandung: Penerbit PT. Remata Rosdakarya.

Nasir, Rahawarin M, 2000. Penelitian Tentang Konflik Maluku dan Solusinya, Ambon. Maluku.

Ozor, N., N. Cynthia, 2011. The Role of Extension in Agricultural Adaptation to Climate Change in Enugu State, Nigeria. Journal of Agricultural Extension and Rural Development, 3(3): 42-50.

Rogers, Everett M., 1983. Diffusion of Inovations (Third Edition). New York: The Free Press A. Divisions of Macmillan Publishing Co. Inc. New York.

Rogers, E.M. and Kincaid, D.L. 1981. Communication Networks Toward a New Paradigm for Research. New York: The Frees Press. Rogers, E.M., and Shoemaker, F.F., 1971. Communication of Innovations. New York: The Free Press.

Ritzer, G., dan J. Goodman, D, 2007. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saragih, B. 2001. Pembangunan Sistem Agribisnis Sebagai Penggerak Ekonomi Nasional. Jakarta: Departemen Pertanian.

Sendjadja, S.D., 1999. Pengantar Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Slamet Margono. 1996. Sumbang Saran Mengenai Pola Strategi dan Pendekatan Penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian pada PJPT II. Makalah Lokakarya Dinamika dan Perspektif Penyuluhan Pertanian pada –PT II. PSE. PUSTAKA dan CIIFAD. Ciawi-Bogor.

Soedarmanto, 1994. Penerapan Teknologi Pendidikan dalam Penyuluhan Pertanian untuk Meningkatkan Adopsi Inovasi Pertanian (Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar). Fakultas Pertanian Universitas Barawijaya. Malang.

Suryana., A., 1998. Percepatan Transfer Teknologi Pertanian kepada Petani. Dalam Ekstansia Vol. 7 Tahun V Februari 1998.

Swanson, Burton, E. 1984. Agricultural Extension A Reference Manual (Second Edition). Food and Agriculture Organization of the United Nations. Rome.

Sayaka, Bambang dan Pasandaran, Efendi, 2007. Membangun Kerangka Dasar Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pertanian. Jakarta: Badan Litbang Pertanian.

Umar, Ramli, 2007. Transformasi Informasi Pertanian ke Arah Penyesuaian Kebutuhan Petani. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin.

Wahyudi, 2008. Manajemen Konflik: Pedoman Praktis bagi Pemimpin Visioner. Bandung: Alfabeta.

Winardi, 2007. Manajemen Konflik (Konflik Perubahan dan Pengembangan). Bandung: CV. Mandar Maju.

Wiriatmadja, Soekandar., 1990. Pokok-pokok Penyuluhan Pertanian (cetakan ke-14) Jakarta: CV. Yasaguna.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v12i1.360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats