Komunikasi Keluarga Dalam Pencegahan Coronavirus Disease 2019

Authors

  • Sitti Murni Kaddi Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako
  • Puji Lestari Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta
  • Donal Adrian Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.31315/jik.v18i1.3701

Keywords:

COVID-19, Komunikasi Keluarga, Desa Nupabomba

Abstract

Transmisi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) mulai mengancam unit sosial terkecil, yaitu klaster keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat komunikasi keluarga dalam pencegahan COVID-19 pada masyarakat Desa Nupabomba sebagai daerah perbatasan Kabupaten Donggala dan Kota Palu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi keluarga yang digunakan oleh orangtua dan anak sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 di Sulawesi Tengah. Proses penyampaian pesan terkait dengan bahaya COVID-19 yang dilakukan orangtua dapat mengubah pemahaman dan perilaku anak sehingga terjadilah tindakan pencegahan. Hal ini dilakukan karena menganggap bahwa informasi terkait dengan virus tersebut sangat penting, apabila diabaikan menyebabkan tubuh menjadi sakit ringan hingga pada kematian. Pencegahan yang dilakukan seperti rajin mencuci tangan, memakai masker, tidak bersentuhan dan menjaga jarak, seperti menjauhi para pendatang atau masyarakat lain yang melewati Desa Nupabomba. Penelitian ini memberikan kontribusi berupa usulan kebijakan kepada setiap keluarga untuk menyosialisasikan berbagai hal positif dalam pengurangan risiko COVID-19 dengan cara buka aliran udara, atur interaksi bermasker, dan jaga jarak.

Author Biography

Sitti Murni Kaddi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako

Sitti Murni Kaddi adalah dosen pada program studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Tadulako, Palu

References

Ammang, W., Sondakh, M., & Kalesaran, E. R. (2017). Peran Komunikasi Keluarga Dalam Mengatasi Perilaku Merokok Pada Anak Usia Remaja (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Kampung Makassar Timur Kota Ternate). Acta Diurna Komunikasi, 6(1). Diakses dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15496

Depkes R.I (2004). Modul Untuk Pemberdayaan Orang Tua Dalam Mencegah Penyalahgunaan Nafza.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Gottman, J., & DeClaire, J. (1998). Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki kecerdasan Emosional. Tokoh. Hermaya: penerjemah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Hastasari, C., Aw, S., & Hajaroh, M. (2018). Pola Komunikasi Keluarga Dalam Mencegah Kenakalan Pelajar SMA di Kota Yogyakarta. INFORMASI: Kajian Ilmu Komunikasi, 48(2), 155-168. https://doi.org/10.21831/informasi.v48i2.22389

Huang C, Wang Y, Li X, Ren L, Zhao J, Hu Y, et al. (2020). Clinical features of patients infected with 2019 novel coronavirus in Wuhan, China. The Lancet, 395(10223), 497-506. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30183-5

Kusuma, R. S. (2017). Komunikasi Antar Pribadi Sebagai Solusi Konflik Pada Hubungan Remaja Dan Orang Tua Di Smk Batik 2 Surakarta. Warta LPM, 20(1), 49-54. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.3642

Littlejohn, Stephen W., & Foss, K. A. (2011). Theories Of Human Communication, Tenth Edition. USA: Waveland Press, Inc.

Priliantari, Y. D., Rustanta, A., & Setyawati, R. K. (2017). Dinamika Komunikasi Dalam Keluarga. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis, 3(1), 15-24. Diakses dari http://jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JIK/article/view/156

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C., Wijayanti, L., Putri, R., & santoso, priyono. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12. Diakses dari https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Rahmah, S. (2018). Pola Komunikasi Keluarga dalam Pembentukan Kepribadian Anak. Jurnal Alhadharah, 17(33), 13-31. http://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2369

Rochayanti, C., Pujiastuti, E. E., & Warsiki, A. (2012). Sosialisasi Budaya Lokal dalam Keluarga Jawa. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(3), 308-320. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/44

Rubson, B. (2020). COVID-19 Coronavirus Spike Protein Analysis For Synthetic Vaccines, a Peptidomimetic Antagonist, And Therapeutic Drugs, And Analysis Of A Proposed Achilles’ Heel Conserved Region To Minimize Probability Of Escape Mutations And Drug Resistance. Comput. Biol. Med, 121, 103749. https://doi.org/10.1016/j.compbiomed.2020.103749

Smith, F. M., & Jones, W. (2004). The college student. In C. Wood & M. Meyer (Eds.), Cross-cultural education (pp. 75-105). London, Canada: MacMillan.

Susilo, A. et.all. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45-67. http://dx.doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415

Wardyaningrum, D. (2010). Pola Komunikasi Keluarga dalam Menentukan Konsumsi Nutrisi bagi Anggota Keluarga. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(3), 289 – 298. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/137

World Health Organization. Coronavirus disease 2019 (COVID-19). (2020). Situation Report – 70 [Internet]. WHO; 2020 [updated 2020 March 30; cited 2020 March 31]. Available from: https://www.who.int/ docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20200330- sitrep-70-covid-19.pdf?sfvrsn=7e0fe3f8_2

Yuliana. Corona Virus Diseases (Covid-19): Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(1), 187-192. Diakses dari https://wellness.journalpress.id/wellness/article/view/21026

Published

2020-09-16

Issue

Section

Artikel